Strategi Jitu Kuasai Grammar Melalui Inovasi Aplikasi Kekinian English Grammar Ultimate Di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Sekar Yolanda Azza Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Gali Alrajafi Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Firman Hadi Sanjaya Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.11663

Keywords:

Tata Bahasa, Bahasa Inggris, Ultimate English Grammar

Abstract

Grammar adalah kombinasi dari setiap elemen dalam bahasa yang harus diatur untuk menghasilkan kalimat yang baik, sehingga makna kalimat tersebut dapat dipahami oleh orang lain. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, penguasaan tata bahasa sangatlah penting, sebagai pengetahuan dasar bahasa yang harus kita pelajari. Dengan mengetahui tata bahasa kita tahu bagaimana kalimat itu disusun dengan benar. Tata bahasa mengasumsikan peran logisnya sebagai salah satu dari beberapa batu fondasi yang mendukung komunikasi. Selain itu, gagasan bahwa bagian terpenting dari bahasa adalah tata bahasanya dan bahwa pembelajaran bahasa adalah akumulasi aturan tata bahasa yang dikuasai. Sayangnya penguasaan grammar masih dirasa sangat berat bagi sebagian besar orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi pengajaran grammar berbasis teknologi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan times series design. Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh positive terhadap penggunaan aplikasi English ultimate terhadap penguasaan grammar.

References

Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: status and influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.

Endahati, N., & UPY, P. B. I. (2017). Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Grammar Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Upy. Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris UPY.

Episiasi, E., Syaputri, W., Suramto, S., & Kasriyati, D. (2022). Lexical and Grammatical Cohesion in the Undergraduate Students’ Abstracts. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 5(2), 143-152.

Ismiati, M. B., Hermawan, L., & Widiastuti, P. (2020). Aplikasi Pembelajaran English Grammar Berbasis Game Android. Jurnal Transformatika, 17(2), 177-187.

Mahardika, A. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Dan Penggunaan English Grammar Melalui Aplikasi Desktop (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Maretha, C. (2021). Meaning Relationship of the Verb Hope and Wish in English. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 46-63.

Ningrum, H. W., Handoyo, B., & Wiyaka, W. (2018). Meningkatkan Penguasaan Grammar Dalam Materi Future Tenses Dengan Menggunakan Cards Of The Future Game Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 152-15

Pontillas, M. S. D. (2020). Reducing The Public Speaking Anxiety Of ESL College Students Through Popsispeak. 3L, Language, Linguistics, Literature, 26(1).

Pontillas, M., & Talaue, F. (2021). Levels of Oral Communication Skills and Speaking Anxiety of Educators in a Polytechnic College in the Philippines. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 24-32.

Romadhon, S. A., Qurohman, M. T., & Firmansyah, J. (2020). Peningkatan Pemahaman Grammar Berbasis Web Englishclub. Com Bagi Siswa Smk Astrindo Tegal. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 102-107.

Singodiwongso, S., & Susilawati, S. (2021). Peningkatan Penguasaan Grammar Dalam Menulis Kalimat Melalui Teknik Mistake Buster. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 367- 380.

Wahyuningsih, Y. (2021). In, English Prepositions. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 11-26

Yunanto, A. A., Prayogi, Y. R., Akbar, Z. F., Herumurti, D., & Rochimah, S. (2020, November). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris berbasis Permainan. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 1, pp. 737-744).

Niswah, A. A. (2022). Speedy Grammar: Aplikasi Game untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 163-174.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Anas. 2006. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-05-17