Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Kontekstual di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.11671Keywords:
Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, PengembanganAbstract
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Kontekstual pada perguruan tinggi untuk pegangan dosen dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. Model Pengembangan yang digunakan adalah pengembangan model desain Dick dan Carry. Model ini terdiri atas 10 (sepuluh) langkah, yakni (a) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, (b) melakukan analisis pembelajaran, (c) mengidentifikasi karakteristik kemampuan awal, (d) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (e) mengembangkan tes acuan patokan, (f) mengembangkan strategi pembelajaran, (g) pegembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (h) merancang dan mengadakan evaluasi formatif, (i) merevisi pem-belajaran, dan (j) melaksanakan evaluasi sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi, khususnya pada perkuliahan di STAI An Nadwah Tungkal.
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning) dan Pemahan Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1(3), 80–87. https://media.neliti.com/media/publications/225006-pembelajaran-kontekstual-cotextual-teach-b68b1e69.pdf
Arifuddin, E. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SD Inpres Laikang Kota Makassar [Universitas Bosowa]. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3721/2019 ERAWATI ERNI ARIFUDDIN 4617106001.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Dick, W., & Carey, L. (1985). The systematic Design of Instruction (Third Edition). Harper Collin Publisher.
Hasnawati, H. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 53–62. https://media.neliti.com/media/publications/17252-ID-pendekatan-contextual-teaching-learning-hubungannya-dengan-evaluasi-pembelajaran.pdf
Mahsun, M. (2017). Metode penelitian bahasa. PT RajaGrafindo Persada. http://eprints.unram.ac.id/29724/1/KUM C2. Buku Metode Peneltian Bahasa.pdf
Ridwan, M. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi siswa. Jurnal Tarbiyatuna, 2(2), 149–163. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/Tarbiyatuna/article/download/1363/857
Tilaar, A. L. F. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika. Jurnal Formatif, 1(3), 186–191. https://media.neliti.com/media/publications/234954-effektivitas-pembelajaran-kontekstual-da-0ac52fcf.pdf