Pengaruh Metode Induktif Dan Metode Deduktif Terhadap Kemampuan Motorik Siswa

Authors

  • Yogi Arnaldo Putra Universitas Negeri Padang
  • Mardepi Saputra Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Fakhrur Rozi Universitas Negeri Padang
  • Niko Zulni Pratama Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.11829

Keywords:

Metode Induktif, Metode Deduktif, Kemampuan Motorik Siswa

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, kemampuan motorik siswa MIN Lubuk Buaya Padang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh metode induktif dan deduktif terhadap kemampuan motorik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi penelitian terdiri dari 256 siswa, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan hasil 40 siswa laki-laki sebagai sampel. Pengukuran kemampuan motorik dilakukan dengan menggunakan Scott Motor Ability yang terdiri dari lemparan bola basket, 4 detik. dash, wall pass, dan broad jump.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode induktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik siswa dengan thitung = 17,64 > ttabel = 1,73, (2) metode deduktif juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik siswa dengan thitung = 11,57 > ttabel = 1,73, (3) keefektifan metode induktif lebih tinggi dari metode deduktif terhadap kemampuan motorik siswa dengan thitung = 8,23 > ttabel = 1,73. Oleh karena itu disarankan kepada guru olahraga untuk menggunakan metode induktif karena metode ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik siswa MIN Lubuk Buaya Padang. Metode deduktif dan induktif sangat cocok pada pembelajaran siswa sehingga guru dapat menerapkannya pada lingkungan wilayah budaya sumatera.

References

Gusril. 2008. Model Pengembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Padang: FIK – Universitas Negeri Padang.

Hutasuhut, Chairuddin. 1999. Metoda Pembelajaran Pendidikan Jasmani/ Olahraga. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan DIP UNP.

Kamaruddin. 2011. Pengaruh metode induktif dan deduktif terhadap keterampilan shooting permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Bangkinang. Padang: Tesis Program Pascasarjana UNP.

Kiram, Yanuar. 2000. Belajar Motorik. Padang: FIK Universitas Negeri Padang.

Lutan, Rusli, 1998. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta: Depdikbud.

Soemargono, Soejono. 1992. Pengantar Filsafat. Yogyakarta. TW.

Sudjana, Nana. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2023-05-29