PERAN STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS, MINAT MEMBACA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Authors

  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan sebagai survey awal untuk melihat seberapa berperannya storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis, kuisioner, observasi dan wawancara.Teknik analisis data berpedoman pada teknik analisis data kualitatif Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga alur  yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/ kesimpulan. Hasil yang diperoleh  dalam penelitian ini adalah bahwa storytelling sangat berperan  dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa.

 

Abstract

This research was conducted as a preliminary survey to see how the role of storytelling in improving writing ability, reading interest and emotional intelligence of students. The method used in this research is qualitative descriptive method with data collection technique using writing test technique, questionnaire, observation and interview. Data analysis technique is based on qualitative data analysis technique of Miles and Hubermen consisting of three paths namely data reduction, data presentation and verification data / conclusions. The results obtained in this study is that storytelling is instrumental in improving the ability to write, interest in reading and emotional intelligence of students.

Downloads

Published

2017-09-18