Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa SDN 2 Babat Banyuasin pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.1237Keywords:
Aktifitas, Hasil Belajar, Matematika, Media GambarAbstract
Hasil belajar merupakan suatu tujuan paling utama dalam suatu pembelajaran yang akan dicapai oleh pendidikan maupun peserta didik. Dimana hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik adalah suatu tugas pokok bagi seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran maka guru harus merefleksi kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan. Apakah pembelajaran merupakan suatu alat pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik yang kurang minat belajar dalam suatu pembelajaran tertentu. Dimana telah di buktikan dalam pembelajaran matematika kelas VI SDN 2 Babat Banyuasin dengan topic mencari luas dari gabungan dua bangun datar sederhana yang dapat dilihat dari hasil persentase perubahan pada setiap proses pembelajaran. sebelum perbaikan jumlah peserta didik yang aktif 5 orang (31,25%) kemudian pada siklus I naik 10 orang (62,5%) pada siklus kedua naik menjadi 14 orang (87,5%). Hal ini berarti aktifitas peserta didik dalam setiap siklus pembelajaran Matematika mengalami peningkatan.
References
Anitah. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Andayani. (2011). Pemantapan Kemampuan Profesional (PDKG 4051). Jakarta: Depdikbud
Triyati, Dedi Permana. (2008). Bersahabat dengan Matematika Kelas VI. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gredler, Bell. (2007). Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali
Wardani, IG, Ak, Wihardo, K. Nasution (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Wahyudin. (2007). Pembelajaran dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Winataputra. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud