PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC DALAM PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV SD (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa kelas IV di SD Labschool UPI Bandung)

Authors

  • Pranita Yuliana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1240

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang maksimalnya kemampuan pemahaman konsep dan sikap matematis siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan sikap matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran scientific dalam pendekatan tematik integratif dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep dengan peningkatan sikap matematis siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Labschool UPI, sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan skala sikap matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mendapatkan model pembelajaran scientific dalam pembelajaran tematik integratif mengalami peningkatan yang lebih baik pada kemampuan pemahaman konsep dan sikap matematis dibanding siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dengan sikap matematis siswa.

              

 

Abstract

This research is motivated by less than the maximum of conceptual understanding ability and mathematical attitudes of student toward of math. The aims of this research is to identify and describe the average difference of increase in the conceptual understanding ability and mathematical attitude that students had been touch under scientific model in integrated thematic approach and  the conceptual understanding mathematics ability of students who had been touch under conventional approach and describe correlation between  conceptual understanding mathematics ability and mathematical attitude of student had been touch scientific aproach in integrated thematic learning. The method of the research was using quasi ekperiment design. The population was all of in foxrth grade students in Elementary  School at Labschool UPI Bandung, and the sample is two group student learning in fourth grade. The instrument used by the  test of the conceptual understanding mathematics ability and mathematical attitude scale. Based on the analysis of data obtained it can be concluded that, The conceptual understanding ability and mathematical attitude of students who had been touch using scientific aproach in thematic integrative learning  higher than those of student and There was relationship between the anhaunsment of conceptual understanding and mathematical attitude.

Downloads

Published

2017-09-18