MOTIVASI DAN SIKAP SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 16 PALEMBANG

Authors

  • Widya Handayani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1242

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 16 Palembang Tahun 2017. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 16 Palembang Tahun 2017. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes termasuk dalam kategori yang cukup tinggi, hal ini ditunjukkan dari persentase ketiga sub variabel di atas yang semuanya termasuk dalam kategori yang cukup tinggi dilihat dari hasil motivasi intrinsik dan sikap pada siswa dengan persentase mencapai 34%, motivasi ekstrinsik dan sikap pada siswa dengan persentase mencapai 42%, sedangkan hasil pembelajaran penjasorkes/sarana dan prasarana serta sikap dengan persentase mencapai 38%.

 

Abstract

The problem in this research is the motivation and attitude of the students in following the learning of Penjasorkes at SMP Negeri 16 Palembang Year 2017. The purpose of this research is to know the motivation and attitude of the students in following the learning of Penjasorkes at SMP Negeri 16 Palembang Year 2017. The research method in this research using quantitative descriptive. The results of this study can be concluded that the motivation and attitude of students in following the learning of Penjasorkes included in the category high enough, this is indicated from the percentage of the three sub-variables above which all included in the category high enough seen from the results of intrinsic motivation and attitudes in students with percentage reach 34%, extrinsic motivation and attitudes on students with percentage reach 42%, while learning result penjasorkes / facilities and infrastructure and attitude with percentage reach 38%.

Downloads

Published

2017-09-18

How to Cite

Handayani, W. (2017). MOTIVASI DAN SIKAP SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 16 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 123–132. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1242