Analisis Kegiatan P5 dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah di SMA Maitreyawira Palembang

Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.12435

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah, Kegiatan P5

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang diimplementasikan di SMA Maitreyawira Palembang dan dampak dari penerapan projek tersebut bagi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap guru sejarah dan siswa dalam pembelajaran sejarah yang menerapkan Kulikurum Merdeka dan melaksanakan projek P5. Pelaksanaan P5 menjadi bagian dari projek pengembangan karakter pelajar Indonesia untuk mentransmisikan nilai pancasila sehingga terwujudnya tujuan pelaksanaan P5 dalam Kurikulum Merdeka yakni menjadi pelajar pancasila. Hasil projek penerapan P5 pada pembelajaran sejarah di SMA Maitreyawira Palembang yang telah dilakukan yakni tema kearifan lokal, bangunlah jiwa dan raganya, dan melakukan bakti sosial. Kegiatan P5 dilakukan dalam satu tahun itu ada 3 tema, salah satunya kearifan lokal. Pada pelaksanaan tahun lalu terdapat sistem penjadwalan disetiap mata pelajaran, seperti tema kearifan lokal ada 5 mata pelajaran sejarah, geografi, sosiologi, mandarin, dan seni setiap mata pelajaran ada 2 jam pelajaran (JP), 1 JP untuk praktek P5.  Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada bulan Agustus, September, dan pada bulan Oktober dilakukan pameran hasil atau nonton video hasil projek bersama. Kegiatan P5 dapat meningkatkan minat dan potensi yang terdapat dalam diri siswa. Hal tersebut juga menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikatif, kolaboratif, dan kreatif. Kegiatan P5 sebagai kegiatan penguatan Pancasila  juga memiliki relevansi dengan nilai-nilai dalam pembelajaran sejarah yang menjadi pondasi penting bagi penguatan karakter generasi penerus bangsa.

Kata Kunci: Kegiatan P5, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah

References

Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono. (2021). Pancala APP(Pancasila’s Character Profile):Sebagai InovasiMendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 13(02), 91–108.

Agustina, E., & Manalu, T. (2023). Promoting Innovative Teaching Practices: Teachers’ Voices in Creating E-comic Based Local History Lesson. Teacher Education and Teacher Professional Development in the COVID-19 Turn, 140–146. https://doi.org/10.1201/9781003347798-20

Agustina, E., Saripudin, D., Yulifar, L., & Supriatna, E. (2023). Typology of History Teachers in 21 st -Century Learning ( Grounded Theory Study in Senior High School in Indonesia ). International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 302–320.

Agustina, E., & Suharya, T. (2021). Zoom breakout room for students ’ collaborative skill enhancement in history learning during Covid-19 outbreak. International Journal of Research in Counseling and Education, 05(01), 41–46. doi: https://doi.org/10.24036/00430za0002

Amalia, R., Nurbayani, S., & Malihah, E. (2023). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6038

Armadani, P., Sari, P. K., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654

Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Research Companion. SAGE Publications Ltd.

Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru di SD Negeri 47 Penanjung Sekadau dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127. https://doi.org/DOI : 10.31932/jpdp.v8i2.1722

Kemdikbudristek. (n.d.). Merdeka Belajar episode kelima belas: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka : Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Ndibalema, P. (2022). Constraints of transition to online distance learning in Higher Education Institutions during COVID-19 in developing countries : A systematic review. E-Learning and Digital Media, 19(6), 595–618. https://doi.org/10.1177/20427530221107510

Nugroho, S. A. (2022). Transformasi Kurikulum Pembelajaran Sejarah pada Jenjang SMK dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1).

Putri, T. S., Rery, U., & Agustina. (2023). Kegiatan P5 Guna Mengatasi Learning Loss dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4, 10–16. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3066|

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rizaly, E. N., & Rahman, A. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Potensi Daerah Kabupaten Dompu. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata, 1(1), 29–38.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Indriyani, R., & Lestari, I. D. (2023). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12, 185–191. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Sukardi, & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membentuk Karakter Bangsa. KALPATARU: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 6(2).

Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries : A Review. Open Journal of Social Sciences, 8, 159–170. https://doi.org/10.4236/jss.2020.810011

Teymori, A. N., & Fardin, M. A. (2020). COVID-19 and Educational Challenges : A Review of the Benefits of Online Education. Ann Mil Health Sci Res, 18(3), 19–22. https://doi.org/10.5812/amh.105778.Review

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Agustina, E., Sukardi, S., & Idris, M. (2023). Analisis Kegiatan P5 dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah di SMA Maitreyawira Palembang : Indonesia. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 442–451. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.12435