FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JEPANG DAN PENGAJARANNYA

Juju Juangsih

Abstract


Abstrak         

        Menyimak sebagai faktor reseptif memiliki peran penting dalam membangun kemampuan berbicara dan menulis. Pemahaman yang didengar dalam bahasa Jepang selalu dituduh sebagai keterampilan bahasa yang paling sulit dilakukan oleh siswa, terutama saat mereka akan mengikuti Japanese Proficiency Test (JPLT). Sehingga guru harus menemukan cara yang efektif dalam mengajarkan pemahaman mendengar agar bisa mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses pendengaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses mendengarkan yang harus diperhatikan oleh guru adalah sebagai berikut: (1) faktor fisik, (2) faktor psikologis, (3) faktor pengalaman, (4) faktor sikap, (5) faktor motivasi, dan (6) lingkungan faktor. Selanjutnya, juga perlu bagi para guru untuk memperhatikan fase-fase yang harus dilakukan dalam proses mendengarkan pembelajaran, seperti fase pra-activity, fase aktivitas utama, dan fase pasca-aktivitas. Ada beberapa masalah dalam mendengarkan, sebagai berikut: (1) pembicara yang salah bicara, (2) Berpura-pura tertarik, (3) bingung, (4) keputusan dini, (5) menulis catatan dengan salah, (6) hanya mendengarkan (7) Musing, dan (8) Bereaksi secara emosional.

 


Abstract

Listening as a receptive factor has a significant role in establishing speaking and writing abilities. Listening comprehension in Japanese is always accused as the most difficult language skill by students, especially when they are going to take Japanese Language Proficiency Test (JPLT). So that teachers must find an effective way in teaching listening comprehension in order to be able to identify factors which affected process of listening comprehension. Factors which affected listening process that should be noted by teachers are as follows: (1) physical factor, (2) psychological factor, (3) experience factor, (4) attitude factor, (5) motivation factor, and (6) environment factor. Subsequently, it’s also necessary for teachers to pay attention to phases that have to be done in the process of listening learning, as wit: pre-activity phase, main activity phase, and post-activity phase. There are some problems in listening, as follows: (1) Misdoubting speaker, (2) Pretending to take an interest, (3) Flustered, (4) Premature decision, (5) Writing down a note wrongly, (6) Only listen to the fact, (7) Musing, and (8) React emotionally

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.