Indentifikasi Miskonsepsi Bioteknologi Pada Calon Guru Biologi dalam Penerapan Model STM

Authors

  • Mar'atul Afidah afidah Universitas Lancang Kuning
  • Ribut Wahyu Eriyanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Atok Miftachul Huda Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12475

Keywords:

Miskonsepsi, Bioteknologi, STM

Abstract

ABSTRAK

Sebagai calon mahasiswa calon guru harus terbebas dari miskonsepsi, pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran dan juga dalam kehidupan sehari-hari, jika pemahaman konsep kuat maka siswa dapat berkembang dan memahami konsep yang lebih tinggi, pentingnya menganalisis miskonsepsi khususnya pada materi bioteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi bioteknologi pada mahasiswa pendidikan biologi dalam penerapan model STM. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan konsep yang dilengkapi dengan angket keyakinan terhadap jawaban dengan skala likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik Certainty of Response Index (CRI) dan persentase tingkat miskonsepsi. Hasil penelitian diketahui bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada pengetahuan awalnya sebesar  37,8 % berada pada kategori sedang, sedangkan pada hasil analisis setelah pembelajaran melalui penerapan model STM mahasiswa mengalami miskonsepsi dengan menunjukkan nilai sebesar 55,2 % pada kategori tinggi. Temuan yang diperoleh adalah penerapan model STM dapat menimbulkan miskonsepsi pada mahasiswa pendidikan biologi. 

 

References

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahruddin. (2010). Bioteknologi Lingkungan. Bandung: Alfabeta.

Hasan. S., Bagayoko, D., Kelley, E.L. (1999). Misconnception and the Certainty Of Response Index (CRI). Journal of Physich Education. Vol.5.

Muntiani, A. A. (2015). Analisis Miskonsepsi Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan pada Hewan Menggunakan Certainty Of Response Indeks (CRI) pada Siswa Kelas XI IPA. Skripsi. Yogyakarta: Kenisius Yogyakarta.

Omrod. J. E. (2008) Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2013). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-07-13