Strategi Meningkatkan Literasi Baca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Tasya Valentina Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12616

Keywords:

Strategi, Literasi, Membaca, Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum memahami makna dan manfaat dari literasi tersebut, sarana dan prasarana membaca minim, dan kurangnya minat baca siswa sehingga rendahnya budaya literasi. Dan peneliti mempunyai tujuanya itu untuk menganalisis strategi meningkatkan literasi baca siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 59 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif banyak digunakan dalam penelitian sosial dan budaya, selain dia bertolak dari pemikiran naturalistic dia juga berpijak pada faham fenomenologis, yang banyak digunakan dalam ilmu sosial. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 59 Palembang. Teknik pengumpulan data melaluiobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yang dapat dilakukan dengan Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), Verifikasi (Kesimpulan). Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan strategi meningkatkan literasi membaca mempunyai beberapa strategi untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar negeri 59 palembang yaitu membiasakan siswa membaca 15 menit sebelum memulai pembelajran, menambah buku-buku yang menarik untuk dibaca, mengulang bacaan yang telah dibaca pada akhir kegiatan literasi dan mengembangkan kemampuan literasi dengan pojok baca dan gerobak literasi. Dari hasil yang telah dikumpulkan selama penelitian di Sekolah Dasar Negeri 59 Palembang.

References

Asroni, Z. Y. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. jurnal education FKIP UNMA.

Fadhli, M. (2019). Penerapan Strategi Literasi Cirle Secara Daring Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta didik. Jurnal unib.ac.id.

Hanum, L. U., Masturi, & Khamadun. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandung Rejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal inovesi penelitian.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisi faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. jurnal ilmiah profesi pendidikan.

Muhith, A. (2019). Pembelajaran Literasi membaca dipondok pesantren kraton pasuruan . jurnal of islamic education reserch.

Mulasih, & Hudhana, D. W. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia.

Perdana , R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Mathematics Education.

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala pendas.

Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa disekolah dasar. jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar.

Sugiyono. (2010). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta

Widayoko, A., H Koes, S., & Muhardito. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan GOAL-BASED EVALUATION. Jurnal Tatsqif.

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal ilmu pendidikan.

Wulanjani, N. A., & Anggraeni, W. C. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-08-09