Pengaruh Metode Pembelajaran Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12844Keywords:
Metode, Strategi Survey (SQ3R), Keterampilan MembacaAbstract
Membaca merupakan salah satu aspek yang wajib dikuasai dalam melakukan keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca diperlukan metode yang tepat, salah satunya adalah metode SQ3R. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran strategi survey (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran strategi survey (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang. Metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas eksperimen 75,24 yang diajarkan menggunakan strategi survey SQ3R lebih tinggi dibandingkan kemampuan membaca siswa kelas kontrol 63,00 yang tidak diajarkan menggunakan strategi survey SQ3R lebih rendah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi survey SQ3R terhadap keterampilan membaca pada kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang.
References
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca . Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
Habibah, L. C., & Muftianti, A. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Dengan Menggunakan Metode Sq3r. Journal Of Elementary Education , 333.
Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Busi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 3, (No. 1), 32.
Juliana. (2021). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kemampuan Siswa Kelas IV SD . Jurnal Ilmiah Aquinas , 263.
Mawaria. (2018). Implementasi Metode SQ3R Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 135 Rejang Lebong . Jurnal Pendidikan Dasar , 183.
Nugraha, M. F., Hedrawan, B., Pratiwi , A. S., Permana, R., Saleh , Y. T., Nurfitri, M., . . . Husen , W. R. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasik Malaya Jawa Barat: Edu Publisher
Nyariatun. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VI. Journal Educatio, 1607.
Setyowati, N. Y. (2019). Pengaruh Pengguanaan Metode SQ3R Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sawahan. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 82.
Sugiharti, R. E., Pramintari, R. D., & Destianingsih, I. (2020). SQ3R Method As A Solution To Improve Reading Comprehenshion Skills In Elementary School. Indonesian Journal Of Primary Education, Vol. 4, (No. 2), 245.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung : Alfabeta.
Watini. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Model Membaca SQ3R. Jurnal Pendidik Dan Profesi Pendidik, 71.
Wulandari, R. R., Gunayasa, I. B., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 582.