Metode Pembelajaran Tahfiz Qur’an Dalam Menguatkan Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.12924Keywords:
Metode, Pembelajaran Tahfiz Qur’an, Menguatkan Hafalan, SantriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui (1) Pengunaan metode pembelajaran Tahfidz Qur’an dalam menguatkan hafalan santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Maunggang Julu Kota padangsidimpuan. (2) Faktor- faktor penghambat dalam Menguatkan Hafalan Santri tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. (3) upaya yang dilakuakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Pimpinan Pondok Pesantren, guru dan santri Pondok Pesantren Al-Ansor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan tahfidz Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Ansor yang berkaitan dengan penguatan hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran tahfidz Qur’an yaitu metode talaqin,metode sima’I, metode takrir, metode talaqqi, metode,metode mudarasah, dan metode muraja’ah. (2) Faktor penghambat dalam menguatkan hafalan santri tahfiz Qur’an ada dua faktor yaitu internal dan eksternal, internalnya yakni rasa malas dan susah menghafal, eksternalnya yaitu lingkungan. (3) Upaya yang dilakuakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an Santri ialah dengan cara membaca ayat Al-Qur’an yang telah dihafal dibaca ketika sholat, memperdengarkan bacaan yang telah dihafal kepada orang lain, berwduh apabila merasa ngantuk, menggunakan metode pembelajaran tahfidz Qur’an dan memberikan motivasi kepada santri.
References
Alfurqan, A. (2020). Evolution and modernization of Islamic education in Minangkabau. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 16(1), 82-98.
Alfurqan, A. (2015). Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya.
Daulay Muhammad Roihan. 2014. Studi Pendekatan Alquran. Jurnal Thariqah Ilmiah. 1 (1)
Fathah M. Utsman Arif. 2021. Metode Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren SMP MBS Bumiayu. Jurnal Ilmu Ushuluddin. 20. (2).
Hermansyah, Guru Tahfidz Qur,an, Wawancara di Pondok Pesantren AL-Ansor pada tanggal 17 April 2022.
Karemen Habib. Guru Tahfidz Qur,an. Wawancara di Pondok Pesantren AL-Ansor pada tanggal 17 April 2022
Keswara Indra. 2017. Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Alquran) Di Pondok Pesantren AL-Husain Magelan. Jurnal Hanata Widya. Vol. 6. No. 2.
Hantono Dedi, Dianata Pramitasari. 2018. Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik. Journal Uin Alauddin. Vol.5. No.1.
Hidayah Nurul. 2016. Jurnal Strategi Pembelajaran Tahfiz Lembaga Pendidikan. Tarnal S . Vol.04. No.01.
Lutfy Ahmad. 2013. Metode Tahfizh Al-Qur’an (Studi Komparatif Metode Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasah AlHufazh II Gedongan Ender Pangenan Cirebon dengan Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Terpadu Al-Hikmah Bobos Dukunpuntang Cirebon). Jurnal Holistik. 14. (2).
Manna Khalil Al-Qattan. 2015. Terjemah Al-Quran. Jakarta: Mitra Kerjaya Indonesia.
Mujib Abdul. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Matondang Ahmad Dermawan. Santri. Wawancara di Pondok Pesantren Al-Ansor pada tanggal 16 Mei 2022.
Prasetyawan. 2016. Metode Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Wafa Palangkaraya. Tesis. Palangkaraya: UIN Palangkaraya.
Purwanto. 2008. Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rijali Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17 (33).
Rusyd Raisya Maulana Ibnu. 2015. Panduan Tahsin, Tajwid, dan Tahfidz untuk Pemula. Yogyakarta: Saufa
Satori Djama’an, Komariah Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana Nana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sofyan Muhammad. 2-15. The Development of Tahfiz Qur’an Movement in The Reform Era in Indonesia, International Journal of Rligius Literature and Heritage, Volume. 4 No.1.
Tohirin. 2012. Metode Penelian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo
Winarni Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.