Pengaruh Kompetensi Guru Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Aliyah

Authors

  • Zerni Mandasari Br Ritonga Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan
  • Magdalena Magdalena Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan
  • Zulhammi Zulhammi Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12927

Keywords:

Pengaruh, Kompetensi Guru, Budaya Organisasi, Kinerja Guru PAI, Tingkat Madrasah Aliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh yang signifikan Kompetensi guru terhadap kinerja guru PAI Tingkat MA di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (2) pengaruh yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru PAI Tingkat MA di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (3) pengaruh yang signifikan secara simultan kompetensi guru dan budaya organisasi terhadap kinerja guru PAI Tingkat MA di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif kasual. Sampel dalam penelitian ini yaitu 37 orang guru PAI. Instrumen penelitian ini berupa angket atau kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam. Dimana, semakin baik kompetensi guru semakin baik pula kinerja guru dengan hasil 0.000 > 0.05 (r). (2) Budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam. Dimana, semakin baik budaya organisasi semakin baik pula kinerja guru dengan hasil 0.000 > 0.05. (3) Kompetensi guru dan budaya organisasi menunjukkan arah pengaruh yang positif terhadap kinerja guru. Semakin baik kompetensi guru dan budaya organisasi semakin baik pula kenirja guru pendidikan agama Islam dengan hasil KD = KD = 99.7%, sedangkan sisanya 0.3% ditentukan oleh variabel lain.

References

Alfurqan, A., Rahman, R., & Rezi, M. (2017). Pendidikan Orang Dewasa Yang Dikembangkan Rasullullah. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 1(1), 15-29.

Alfurqan, A., Tamrin, M., & Trinova, Z. (2021). Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 53-59.

Cahya Komang Septia. 2022. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 7. (2).

Fajri, N., & Alfurqan, A. (2022). Improving Quality Of Islamic Religious Education Through School Principle Management. Indonesian Journal of Basic Education, 5(3), 263-274.

Komarudin. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri 06 Ciputat. Jurnal Semarak. 1. (2).

Latuny Yonavia. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Allianz Life Indonesia di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi & Bisnis Universitas Udayana. 2. (9).

Mulyasa E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Purwanti Sri. 2016. Peranan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Kependidikan Islam. 6. (1).

Rahman Arif. 2021. Wawancara Guru Fikih. Gunung Tua: MAS Pesantren Islamiyah Napabarbaran.

Rasyid, A., Alfurqan, A., & Saputra, E. (2022). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Tugas Pokok Guru Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 2(3), 665-670.

Robbins S. 2011. Perilaku Organisasi, Jilid I dan II, alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Siregar Maju. 2019. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 18 Medan. Jurnal Ilmiah Research Sains. 5. (1).

Sobandi Ade. 2010. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smkn Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung. Jurnal Manajerial. 9. (17)

Sopandi Andi. 2019. Pengaruh Kompetensi Propesional dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kineja Guru. Jurnal Scientific Journal Of Reflection. 2. (2).

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2016. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2016. Kinerja Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Suyanto, Jihad A. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dab Kualitas Guru di Era Globalisasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 1 ayat 10.

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Downloads

Published

2023-08-27

How to Cite

Ritonga, Z. M. B., Magdalena, M., & Zulhammi, Z. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Aliyah. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(3), 702–720. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12927