Efektivitas Media Animasi Interaktif Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Hopipa Indah Universitas Negeri Padang
  • Elise Muryanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12947

Keywords:

vocabulary, Interactive Animation, early childhood

Abstract

Tujuan peneitian ini untuk mengetahui keefektivan penggunaan media animasi
interaktif dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak di Taman Kanakkanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan
eksperimen menggunakan dua group yaitu kelas eksperimen dan kelas kelas kontrol.
Sampel penelitian adalah kelas B1 sebagai kelas kontrol dan kelas B2 kelas eksperimen
masing-masingnya berjumlah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes, berupa uji uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembar pernyataan,
kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi
Spss for windows yang menunjukkan taraf signifikan 0,000. Pemerolehan effect size
sebesar 1,6 yang berarti tergolong pada kategori kuat. Dengan demikian bahwa
penggunaan media animasi interaktif efektif digunakan dalam mengenalkan kosata
bahasa Inggris kepada anak dan guru sangat cocok untuk menggunakan media aimasi
interaktif sebagai media dalam dalam mengjarkan koskaata bahasa Inggris

References

Fadlan, A., Ridwan, Nopriansyah, U., & Nurfaizah. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 137-151.

Fatmawati, Suci Rani. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Jurnal Lentera. Volume 28, Nomor 1.

Febriani, Y. dan Donna, BM (2015). Media Animasi Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Education. Vol 10, No 2

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal kajian perkembangan anak dan manajemen pendidikan anak usia dini, 2 (1). 62-69

Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa. Hal 33-40.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muryanti, E. (2011). Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.

Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Konvensional Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia–Medan. Warta Dharmawangsa. (58).

Nasution, S. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Warta Edisi: 50.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai. 3 (1).

Rusniah. (2016). Meningkatkan perkembangan Bahasa Indonesia Anak usia Dini melalui Penggunaan Metode Bercerita pada kelompok A di TK Malahayati Neuhen Tahun pelajaran 2015/2016. 114–130.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. At-ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan agama Islam. Vol 10, No 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafril. (2010). Statistika. Padang: Sukabina Press.

Wahyullah, Alannasir. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal Of EST. Vol. 2 No.2.

Wibawanto, W (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada Mi Nurul Falah Ciater. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen. Vol 2, No 1.

Wili, A. Habibah, U. (2015). Peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak melalui metode pembelajaran interaktif di kelompok A TK Pertiwi 1 Jirapan. Prosiding seminar nasional dan call for papers

Downloads

Published

2023-08-27