Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku Di Kelas IV SD

Authors

  • Yuliantina Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.13199

Keywords:

media pembelajaran, Animasi, Cita-citaku

Abstract

Berdasarkan kegiatan wawancara yang dilakukan, diperoleh data yaitu bahan ajar yang digunakan kurang variatif, hasil belajar cenderung rendah, penggunaan media pembelajaran berupa video animasi belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan masih konvesional. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Video Animasi Pada Pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model Borg & Gall yang menggunakan sampai tahapan ke-7. Hasil uji validasi kepada ahli materi didapatkan sebesar 86,1%, untuk validasi ahli media sebesar 88,8%, dan untuk validasi dari tenaga pendidik sebesar 97,2%. Sedangkan hasil uji produk secara lebih luas didapatkan sebesar 84,3%. Jadi media yang telah dikembangkan ini masuk dalam kategori sangat praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media yang telah dikembangkan ini sebagai alternatif siswa dalam mempelajari materi puisi agar siswa tidak mudah bosan serta aktif dalam pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran ini juga membuat siswa tidak mudah bosan selama pembelajaran.

References

Azhar, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endang, N. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Ikhwanul, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaran Kelas 2 SD. Universitas Negeri Yogyakarta.

Murniviyanti, L., Ramadoni, R. P., & Fakhrudin, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistics Mathematics Education Materi Bangun Datar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Education Volume 05, No. 03, Maret-April 2023, pp. 9403-9409 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website: http://jonedu.org/index.php/joe

Pribadi, B. A. (2019). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Pamulang: Prenada Media Group (Divisi Kencana).

Sanjaya, W (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Selegi, S. F. (2017). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penlitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Sukma, K. A. G., Made, P. I., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan Film Pembelajaran Perubahan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 2 Gesing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Yunita. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK . Malang: Ahlimedia Press.

Downloads

Published

2024-01-03