PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PERMASALAHANNYA

Authors

  • Vinta Vinta

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v11i3.132

Abstract

Abstrak

Peran orang tua dituntut untuk bisa mendidik dan mengoptimalkan kecerdasan anak baik secara intelektual, emosional dan spiritual. Usia tersebut merupakan waktu yang ideal bagi anak untuk mempelajari berbagai macam keterampilan, membentuk kebiasaan-kebiasaan yang akan berpengaruh pada masa-masa kehidupan selanjutnya, dan memperoleh konsep-konsep dasar untuk memahami diri dan lingkungan sekitar. Agar masa keemasan ini termanfaatkan secara optimal, maka orang tua diharapkan dapat melakukan proses pengasuhan dan pendidikan dengan cara yang optimal pula. Salah satu satu wujud pendidikan yang dapat diberikan kepada anak-anak usia dini ialah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD dapat diberikan kepada anak-anak sebelum mereka terjun ke jenjang pendidikan dasar. PAUD turut membantu dalam merangsang pertumbuhan jasmani maupun rohani si anak, sehingga pribadi anak menjadi lebih siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Kata kunci: Usia dini, intelektual, masa emas

Published

2015-01-31