MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM

Authors

  • Yeni Asmara

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v11i3.133

Abstract

Abstrak

Hal esesnsial dalam pendidikan karakter adalah bagaimana menanamkan dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kurikulum di sekolah. Diantara nilai-nilai karakter yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum sekolah seperti; (1) Nilai-nilai spiritual yaitu nilai keberagamaan yang berorientasi kepada etika dan akhlak serta penyeimbang antara ke saleha individu dan sosial seperti taat beragama, maju berbudaya, (2) Nilai-nilai solidaritas kebangsaan yang harmonis dan dinamis yang perlu ditanamkan seperti kebiasaan hidup berdampingan secara damai, saling memahami, menghormati, tolong menolong untuk kemajuan bangsa dan negara; (3) Nilai-nilai kedisiplinan yaitu membiasakan agar selalu tepat pada waktu, dan menyadari norma-norma hukum yang berlaku; (4) Nilai-nilai kemandirian, seperti melatih untuk melakukan sesuatu dengan usaha sendiri tidak selalu bergantung kepada orang lain dan  (5) Nilai-nilai kemajuan dan keunggulan. Integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah dapat dilaksanakan melalui kurikulum di setiap mata pelajaran yang bersifat holistik berlandaskan pada pendekatan inquiry yaitu anak dilibatkan dalam merencanakan, bereksplorasi, dan berbagi gagasan.

Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Karakter, Kurikulum

Published

2015-01-31