Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Multikultural Untuk Membentuk Sikap Moderasi Beragama

Authors

  • Adri Adri Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan
  • Anhar Anhar Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan
  • Mohd Rafiq Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan
  • Isra Hayati Darman Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.14144

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar, Pendidikan Agama Islam, Sikap Moderasi Beragama

Abstract

SMAN 1 Nagajuang merupakan sekolah multikultural dan multiagama. Pada tahun ajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 134 siswa yang terdiri dari 48,5% beragama Islam dan 51,5% non-Muslim. Namun belum ada bahan ajar khusus terkait moderasi beragama di sekolah ini yang sesuai dengan kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar PAI berbasis multikultural untuk membentuk sikap moderasi beragama siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan angket yang melibatkan siswa, guru dan kepala sekolah, data diolah secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah buku teks dengan judul: Buku Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama untuk SMAN 1 Nagajuang Kelas XI, yang terdiri dari sampul, pendahuluan, daftar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar (KI dan KD), pedoman penggunaan buku, materi terpadu sikap dan prinsip moderasi beragama dalam 5 bab, referensi dan glosarium. Total skor uji validitas bahan ajar ini sebesar 80,75% dengan kualifikasi valid dan total skor uji praktikalitas sebesar 86,80% dengan kualifikasi sangat praktis. Jadi buku ajar ini dinilai valid, praktis dan layak digunakan sebagai bahan ajar kelas XI SMAN 1 Nagajuang.

References

Alfurqan, A., & Hidayat, A. (2023). Internalization of Moderation Values in Islamic Religious Education Subjects in SMP Negeri 22 Padang. MANAZHIM, 5(1), 247-260.

Al-Mutasim. 2019. Berkaca NU dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Nilai-nilai Moderasi Islam di Indonesia. Jurnal pendidikan dan Keislaman. 8.(2).

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Arifudin. 2017. Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 12. (2)

Asari, Hasan. 2020. Islam dan Multikulturalisme, Simpul-simpul Ajaran dalam Hamparan Pengalaman. Medan: Perdana Publishing

Borg and Gall. 2003. Educational Reaserch: An Introduction. Boston: Pearson Education inc

Cahyadi Rahmat Arofah Hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model ADDIE. Islamic education jurnal. 3. (1).

Dalimunthe Sehat Sultoni. 2021. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies. Yogyakarta: Deepublish

Faiqah N. & T. Pransiska. 2018. Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Jurnal Al-Fikra . 17.(1).

Masykhur Anis, dkk, 2019. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Lembaga Daulat Bangsa

Masturin. 2022. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Semarang: CV Lawwan

Muchith M. Saekan. 2014. Radikalisme dalam Dunia Pendidikan. Jurnal ADDIN. 10. (1)

Muherlina Muna Ayuhana. 2015. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Indonesia Analisis Tujuan, dan Materi Ajar Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013). Jurnal Tarbawi. 12. (2).

Nurdin Fauziah. 2021. Moderasi Beragama Menurut Al-Quran dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Muashirah. 18. (1)

Nuriyah Siti. 2019. Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Meningkatkan Penanaman Karakter Bagi Siswa Smpn 2 Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual.3. (4)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi dan Kompetensi Dasar dan Menengah.

Raihani. 2016. Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tafsir. Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto. 2005. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group

Yanuarti Eka. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Multikultural untuk Meningkatkan Karakter Bangsa Mahasiswa IAIN Curup. Disertasi. Bengkulu: Institut Agama Islam Bengkulu

Gazali Rahmita Yuliana. 2016, Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa Smp Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. (2)

Downloads

Published

2024-01-03