Menguasai Konsep Matematika Mengenai Pengoperasian Hitung Perkalian Menggunakan Metode Realistics Methamatics Education (RME)

Authors

  • Sabina Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Aviva Hanum Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rora Rizki Wandini Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.14167

Keywords:

Konsep, Pemahaman, Perkalian

Abstract

Abstract

Learning is an effort to provide direction and education to students using expert staff, especially educators. The purpose of this writing is to determine the extent of students' understanding of multiplication calculation operations using the Realistics Metamatics Education (RME) method. The method used by the author in this research is library study, namely a series of activities relating to methods of collecting library data, reading and taking notes and processing research materials. The results of the study showed that students' understanding of multiplication increased. Multiplication instructions that focus on memorization, the concept of multiplication with repeated addition, the concept of the properties of multiplication, and the application of the concept of multiplication to word problems show an increase, so it can be concluded that students' understanding of the concept of multiplication can experience a significant increase. Students can understand simple mathematical concepts and prove them without always relying on memorizing results

Keywords : Concept, Understanding, Multiplication

Abstrak

Pembelajaran adalah suatu upaya memberikan arahan dan pendidikan kepada peserta didik dengan menggunakan tenaga ahli, khususnya pendidik. Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang operasi hitung perkalian dengan menggunakan metode Realistics Methamatics Education (RME). Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemahaman perkalian siswa meningkat. Petunjuk perkalian yang berfokus dengan hafalan, konsep perkalian dengan penjumlahan berulang, konsep sifat-sifat perkalian, dan pengaplikasian konsep perkalian ke dalam soal cerita menunjukkan peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep perkalian peserta didik dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Peserta didik sudah bisa memahami konsep matematika sederhana dan membuktikan tanpa selalu berpangku pada hasil hafalan.

Kata Kunci : Konsep, Pemahaman, Perkalian

References

Chisara, Candra, dkk. (2018). “Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.

Dwirahayu, Gelar, dkk. (2016). “Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5 (2): 117–38.

Fauzan, Ahmad, dkk. (2017). “Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah, Aceh, 55–63.

Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). “Pembelajaran Matematika Yang Bermakna.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika.

Lestari, Indah. (2015). “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Ilmiah Pendidikan MIPA 3 (2): 115–25.

Lestari, Witri. (2017). “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Analisa 3 (1): 76–84.

Marta, Hildaa, dkk. (2020). “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (1): 149–57.

Mawaddah, Sukma. (2018). “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Logis Mahasiswa Dengan Pedekatan Etnomatematika.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 501–11.

Muchtar, Ikah Siti Mudrikah, dkk. (2020). "Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (2): 108–19.

Ningsih, Puji Rahayu. (2013). “Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai.” Jurnal Gamatika 3 (2).

Putra, Rizki Pernanda, dkk. (2019). “Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3 (2): 524–32.

Riyanto, B, dkk. (2017). “Mathematical Modeling in Realistic Mathematics Education.” Journal of Physics: Conference Series 943 (1).

Rosyada, Tasya Amrina, dkk. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6 (2).

Seviana, Silvi Wahyu. (2016). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD 3 (1): 80–89.

Shoimin, Aris. (2014). "68 Model Pembelajaran Inovatif". Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2024-01-03