UPAYA GURU MATA PELAJARAN DAN GURU BK DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYONTEK (STUDI PADA SMA NEGERI SE-KOTA PADANGSIDIMPUAN)

Authors

  • Ghoffar Helmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan dengan baik oleh guru mata pelajaran dan guru BK dalam mencegah kecurangan perilaku di sekolah. Responden dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kategori, primer dan pendukung responden. Responden utama dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran yang diambil dengan teknik purposive sampling, guru BK yang diambil dengan menggunakan total sampling, dan dukungan responden siswa yang diambil dengan menggunakan random sampling. Instrumen tersebut menggunakan skala sebagai instrumen utama, wawancara dan studi dokumen sebagai instrumen pendukung. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, dengan menggambarkan upaya para guru dan konselor dalam mencegah kecurangan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya guru mata pelajaran dalam mencegah perilaku kecurangan adalah kategori tinggi, 2) guru mata pelajaran perlu bekerja sama dengan konselor dalam mencegah perilaku curang, 3) upaya guru BK dalam mencegah perilaku kecurangan adalah dianggap kategori tinggi, dan 4) ada kendala karena tidak ada kelas untuk pelaksanaan program bimbingan dan konseling.

 

This research aimed to describe the efforts which have been done well either by the teachers and counselors in preventing of cheating behavior at school. Respondents in this research is divided into two categories, primary and support respondent. The primary respondent of this research is teachers that was taken by using purposive sampling technique, and counselors  that were taken by using total sampling, and the support respondent students that were taken by using random sampling. The instruments was used the scale as the main instrument, interviews  and document studies as a supporting instrument. The data were analyzed using descriptive analysis techniques, by describing the efforts of teachers and counselors in preventing cheating behavior. The results showed that : 1) the efforts of teachers in preventing the behavior of cheating was the high category, 2)teachers need to work closely with the counselor in preventing cheating behavior, 3) the efforts of counselors in preventing the behavior of cheating was considered high category,  and 4) there was an obstacle because no class for implementing of guidance and counseling program.

 

Downloads

Published

2017-12-23