PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

Authors

  • Kartikasari Dewi Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1432

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 Palembang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikannya tindakan melalui metode kerja kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 yang terdiri dari 16 orang laki-laki 20 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa  ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 Palembang, hal ini terbukti dari  tingkat ketuntasan belajar siswa maka  siklus 1 (72%) < Siklus 2 (92%), maka peningkatan ini terlihat bahwa peningkatan dari siklus pertama sebesar 20%. 

 

The expected goal of this research is to know the improvement of student learning outcomes after the implementation of group working method in SMP Negeri 3 Palembang. The hypothesis of action in this study is that there is an increase in student learning outcomes after the implementation of group working methods in SMP Negeri 3 palembang. The variable in this study is the improvement of student learning outcomes after the given action through group work method. Subjects in this study were students of class VII.3 consisting of 16 men male 20 women. The method used in this research is Classroom Action Research method (PTK). Data collection techniques used in this study is a test. This research uses deductive analysis technique. Based on the results of research and discussion it can be concluded that there is an increase in student learning outcomes after the application of group work methods in SMP Negeri 3 Palembang, this is evident from the level of student learning completeness then cycle 1 (72%) <Cycle 2 (92%), then this increase seen that the increase from the first cycle of 20%

Downloads

Published

2017-12-23