PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PENULISAN KEMAMPUAN NARATIF KELAS SEBELAS DI SMA PGRI 2 PALEMBANG

Authors

  • Pratiwi Etty Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1434

Abstract

Abstrak

Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh penggunaan media cerita gambar berseri dalam kemampuan menulis naratif siswa terhadap siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah atau tidak dengan menggunakan seri gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa. Penelitian ini dilakukan pada penelitian eksperimental terhadap 70 siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri memberikan peningkatan yang signifikan terhadap menulis naratif siswa daripada menulis siswa dengan menggunakan strategi konvensional kepada siswa kelas delapan SMA PGRI 2 Palembang.

 

Kata Kunci: Gambar berseri, Menulis, Naratif

 

THE INFLUNCES OF USING PICTURES SERIES IN STUDENT’S WRITING NARRATIVE SKILL TO THE ELEVENTH OF SMA PGRI 2 PALEMBANG

 

Abstract

This research investigated the influence of using pictures series in student’s writing narrative skill the eleventh grade students of SMA PGRI 2 Palembang. The objective of this study was to identify whether or not by using pictures series can improve the students ‘ writing narrative skill. This study was conducted in experimental research to 70 students from the eighth grade students of SMA PGRI 2 Palembang of the academic year of 2016-2017. This study could be concluded that pictures series strategy gave a significant improvement for the students’ writing narrative skill than the students’ writing narrative skill by using conventional strategy to the eleventh grade students of SMA PGRI 2 Palembang.

 

Keywords: Pictures series, Writing, Narrative

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Etty, P. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PENULISAN KEMAMPUAN NARATIF KELAS SEBELAS DI SMA PGRI 2 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1434