PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM MATERI PEMBELAJARAN TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1436Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam pembelajaran teks ulasan bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 orang dengan rincian 31 orang siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji t. Hasil dalam penelitian ini adalah pembelajaran teks ulasan dengan menggunakan teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam materi pembelajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Hal ini terbukti dari adanya perbedaan skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan perhitungan hipotesis maka didapatkan = 12,93 dan = 2,000 berarti sehingga Ha dapat diterima Ho ditolak.
Â
Kata Kunci: Cooperative Learning, Berkirim Salam dan Soal, Teks Ulasan
Â
Â
Abstract
This study aims to determine the influence of cooperative learning techniques of send greetings and question type in learning text reviews for students of class VIII SMP Negeri 8 Palembang. The method used in this research is experiment. The sample in this study amounted to 61 students divided by 31 students of class VIII.1 as experimental class and 30 students of class VIII.2 as a control class. Technique for collecting data was using test, while technique of data analysis used statistic with t test. The result of this research is the learning of the text of the review by using cooperative type technique of send greeting and question type and more effective compared with conventional learning model in the learning material of the text of the students of class VIII SMPN 8 Palembang. This is evident from the difference in mean score of the experimental class and the average score of the control class. After hypothesis calculation that t count =12.93 and t obtained =2.000 means that t count> t table so that Ha acceptable Ho rejected