PENINGKATAN ARAH PERENCANAAN KARIR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI

Authors

  • Ramtia Darma Putri Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1438

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada arah perencanaan karir siswa sebelum dan sesudah diberi layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain Quasi Experimental. Bentuk Quasi Experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest One Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Nasional Padang kelas X. Pelaksanaan perlakuan layanan informasi dilakukan pada siswa kelas X Akuntansi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Instrumen Arah Perencanaan Karier Siswa dengan model Skala Likert dengan nilai validitas 0.436 dan reliabilitas 0.935. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dan diuji dengan teknik Paired Samples t-test dengan bantuan SPSS versi 17.00. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan terdapat perbedaan yang signifikan pada arah perencanaan karier siswa sebelum dan sesudah diberi layanan informasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pihak terkait terutama personil sekolah dalam meningkatkan arah perencanaan karir siswa di sekolah.

 

Kata Kunci: Arah Perencanaan Karir Siswa, Layanan Informasi

 

Abstract

This study aims to determine the significant differences in the direction of career planning students before and after being given information services. This research is a quantitative research with experimental research method using Quasi Experimental design. The Quasi Experimental form used in this research is Pretest Posttest One Group Design. Subjects in this study were students of SMK National Padang class X. Implementation of information service treatment conducted on students of class X Akuntansi. The research instrument used an Instrumen Arah Perencanaan Karier Siswa with Likert Scale model with validity value 0.436 and reliability of 0.935. The data were then analyzed and tested by Paired Samples t-test with SPSS version 17.00. The findings in this study revealed that there was a significant difference in the direction of career planning students before and after being given information services. The results of this study are expected to contribute to related parties, especially school personnel in improving direction of career planning student in schools.

 

Downloads

Published

2017-12-23