MENUMBUHKAN PEMEROLEHAN BAHASA DI DALAM KELAS
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1440Abstract
Abstrak
Banyak metode yang telah diperkenalkan untuk mengajarkan bahasa asing. Beberapa pendekatan yang menggunakan berbagai teori psikologis dan linguistik atau pandangan-pandangan perorangan yang berbeda-beda muncul kemudian redup. Telah diajukan saran untuk menggunakan pendekatan elektik (campuran dari beberapa pendekatan sekaligus) tetapi sampai saat ini tidak ada landasan yang jelas untuk membuat keputusan tentang aspek mana dari metode mana yang harus digunakan dalam situasi tertentu. Keberadaan dari berbagai macam metodologi untuk pengajaran bahasa ini telah mengalami tingkat keberhasilan yang berbeda-beda pula. Masalah dalam kajian ini adalah bagaimanakah menumbuhkan pemerolehan bahasa di dalam kelas. Tujuan kajian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemerolehan bahasa di dalam kelas. Prinsip pembelajaran adalah kerangka teoretis sebuah metode pembelajaran. Kerangka teoretis adalah teori-teori yang mengarahkan sebuah metode dilihat berdasarkan bahan yang akan dibelajarkan, prosedur pembelajaran (bagaimana siswa belajar dan bagaimana guru mengajarkan bahan), gurunya, siswanya. Agar kita dapat melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dengan baik, seyogyanya kita menguasai prinsip dan metode pengajaran B2 dengan baik.
Â
Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, Metode Pengajaran Bahasa
Â
Abstract
Many methods have been introduced to teach foreign languages. Some approaches that use different psychological and linguistic theories or different personal views emerged and then dim. There have been suggestions for using an eclectic approach (a mixture of several approaches at once) but to date there is no clear basis for deciding which aspects of the method should be used in a given situation. The existence of various methodologies for the teaching of this language has experienced different degrees of success as well. The problem in this study is how to grow the acquisition of language in the classroom. The purpose of this study is to know and describe the acquisition of language in the classroom. The principle of learning is the theoretical framework of a learning method. The theoretical framework is theories that guide a method based on the material to be learned, the learning procedure (how the student learns and how the teacher taught the material), his teacher, his students. In order for us to carry out the process of teaching and learning activities well, we should master the principles and methods of teaching B2 well.
Â
Keyword : Language Acquisition, Language Teaching Method