Strategi Guru dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran PAI di Kelas VB SDN 106 Kota Bengkulu

Authors

  • Kurnia Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Esy Sapitri Nengseh Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Peli Periska Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Devi Andika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nova Asvio Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.14416

Keywords:

Strategy, Akhlaqul Karimah, Independent Learning Curriculum, PAI

Abstract

Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk melihat bagaimana strategi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa pada kurikulum merdeka belajar mata pelajaran PAI di kelas VB SDN 106 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Deskriptif kualitatif, dengan memakai teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan kuesioner. Pengumpulan data pada penelitian kualitatif berupa catatan, rekaman suara, video, dan foto, kemudian disajikan dalam bentuk tulisan. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa pada kurikulum merdeka belajar mata pelajaran PAI di kelas VB SDN 106 kota Bengkulu: yaitu dengan cara melaksanakan program-program yang bisa meningkatkan nilai-nilai agama seperti tafakur, shalat Dhuha berjamaah, shalat zuhur berjamaah, kultum oleh guru PAI , dan berinfak. Program-program tersebut memperoleh hasil yang sangat positif, yaitu akhlak siswa menjadi lebih baik, sehingga siswa menjadi lebih sopan. Hal ini sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh siswa, dimana mereka selalu berdo’a sebelum memulai pembelajaran, selalu mengerjakan tugas dengan baik, melaksanakan piket, membuang sampah pada tempatnya, bersikap baik kepada teman sebaya, menghormati Guru baik di sekolah maupun di luar sekolah dengan selalu mengucapkan salam dan mencium tangan, serta guru selalu memberikan contoh prilaku yang baik dan tidak memberikan contoh perilaku yang buruk.

References

Adilham, A. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Dasar Negeri 234 Barambang II Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(2), 56–60. https://doi.org/10.33084/jhm.v7i2.1995

Anwar, abubakar dan. (2021). Transformasi Budaya malu Analisis Budaya Malu berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Aceh (D. Aswita (ed.)). K-Media.

Arlina, A., Fauziyah, N., Rahayu, P. M., Nainggolan, M. A., & Amalia, A. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2), 193–202. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.81

Dasar, D. S. (2023). Kurikulum Merdeka.

Fitriani, F., Lestari, Y., Japeri, J., Namira, S., Engkizar, E., & Anwar, F. (2022). Strategi Guru Dalam Mendidik Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 13. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6161

Herlina, E. D. (2022). Strategi pembelajaran. CV Thohar Media. https://books.google.co.id/books?id=kz-HEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pengertian+strategi+pembelajaran&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwjazbzwn6CDAxVnTWwGHT43AykQ6AF6BAgLEAM#v=onepage&q=pengertian strategi pembelajar

Jamir. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Belajar. CV Ruang Tentor.

Maisyanah, M., Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.328

Masturin. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Cv Lawwana.

Muflihah. (2022). Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di SDN 35 Sangtempe Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang ISTIQRA’ Vol 9 Nomor 2 Maret 2022 STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SD. 9(1). http://daurahtafsir.blogspot.com/2018/04/tafsir-

Munawaroh, N. dan I. (2022). Pendidikan agama Islam dan Budi pekerti Kelas X. Cahaya Smart Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=cydgEAAAQBAJ&pg=PR9&dq=pengertian+akhlakul+karimah&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwji2bnFoaCDAxWAcWwGHUyyBQ0Q6AF6BAgPEAM#v=onepage&q=pengertian akhlakul karimah&f=false

Nasrulloh. Roja, A. (2022). Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman. Al-Munqidz, 3(3), 396–412.

Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=fTvaEAAAQBAJ&pg=PR8&dq=pengertian+kurikulum+merdeka+belajar&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwjCht2qpKCDAxWu1jgGHQrWD4IQ6AF6BAgNEAM#v=onepage&q=pengertian kurikulum merdeka belajar&f=

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Khoirunnisa, K., Sapitri Nengseh, E., Periska, P., Andika, D., & Asvio, N. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran PAI di Kelas VB SDN 106 Kota Bengkulu. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 114–120. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.14416