Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Simanuldang Jae Kecamatanulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Authors

  • Yunita Gibon Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary
  • Yusnah Hasibuan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary
  • Saipul Rijai Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.14578

Keywords:

Penggunaan Gadget, Akhlak, Remaja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui pengaruh positif dan negatif penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kolerasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu remaja di Desa Simanuldang Jae berjumlah 42 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 3.059 dan ttabel sebesar 1.681. Nilai signifikansinya sebesar 0.04 < 0.05 yang berarti signifikan dengan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Pengaruh positif gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae dilihat dari hasil presentase kuisioner yaitu adanya remaja yang mengakses berita berbasis Islami sehingga berpengaruh baik terhadap akhlaknya. Sedangkan pengaruh negatif penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae dilihat dari jawaban kuisioner responden yang menyatakan sebagian besar remaja di Desa Simanuldang Jae tidak patuh terhadap perintah orangtua mereka ketika sedang menggunakan gadget dan sering menunda pekerjaan yang disuruh oleh orangtuanya.

References

Andrianto. (2019). Faktor-faktor Penyebab Kenakalan Remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah. 1. (1)

Efendi, F. & Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta: Salemba Medika.

Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar. 1. (4)

Hasbi & Teguh, H. P. (2019). Pendidikan Agama Islam Era Modern. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.

Hasibi, M. I.Q. dkk. (2020). Literasi Media dan Peradaban Masyarakat. Malang: PT. Cita Intrans Selaras.

Ishomuddin. (2016). Pembangunan Sosial Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Iqbal, M. (2018). Psikologi Pernikahan. Depok: Gema Insani.

Kursiwi. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semester V (Lima) Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Novrian, A. (2017). Hubungan Antara Fungsi Keluarga dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja Muslim Kelas IX SMP Negeri 3 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Pratiwi, A.L. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pencegahan Dampak Negatif Internet pada Peserta Didik di Mtsn 7 Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Putro, K.H. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17. (1)

Nova Riska Ardia. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Akhlak remaja di Desa Latitik Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5. (1).

Rochmah, E. Y. (2017). Psikologi Remaja Muslim. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. 3. (2).

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sugiyono & Agus Susanto. 2015.Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N., & AlFurqan, A. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Akhlak Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kampung Durian Kandang. AS-SABIQUN, 4(5), 1362-1374.

Syahyuddin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan. 2. (1).

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Wita. E.S. (2019). Dampak Negatif Penggunaan Gadget (Handphone) dalam Pengelolaan Waktu Belajar Anak Usia SMP di RT 01 Kelurahan Pelabuhan Baru. Skripsi. Curup: IAIN Curup.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-01-29