Studi Literatur: Implementasi Modul Seni Pertunjukkan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikatif di Abad 21

Authors

  • Hesti Hesti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Markamah Markamah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prayitno Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhibbin Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anif Anif Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15041

Keywords:

Modul, Seni Pertunjukan, Ketrampilan Komunikatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui implementasi modul seni pertunjukan untuk meningkatkan keterampilan komunikatif di Abad 21 dalam pembelajaran seni budaya di SMA. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian studi literatur. Data yang diperoleh berdasarkan 12 artikel jurnal yang dianalisis, penggunaan modul dapat disimpulkan; dengan penggunaan modul dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan komunikatif peserta didik. Teknik analisis data yang dilalui dengan mengumpulkan data, menyederhanakan data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Dalam implementasi modul memiliki kelebihan sehingga peserta didik dan guru dapat terbantu di mana pembelajaran menjadi efektif dan efisien serta materi pembelajaran mudah dipahami. Selain itu, terdapat kekurangan dalam penggunaan modul yang tidak tepat saat proses pembelajaran. Oleh karenanya, guru harus mampu memilah serta mengimplementasikan modul dan materi yang tepat dengan cara yang sesuai dengan jenjang pendidikan agar mudah tersampaikan kepada peserta didik.

References

Adlini, Miza Nina et al. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974–80.

Anna Elvarita, Tuti Iriani, Santoso Sri Handoyo. 2020. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEKANIKA TANAH BERBASIS E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.” 3(April): 127–34.

Arini Kumala Sari, and Winda Trisnawati. 2019. “Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul: Keterampilan 4C(Collaboration, Communication, Critical, Dan Creativity).” Jurnal Muara Pendidikan 2(2): 456–57.

Ayu, Putu Eka Sastrika. 2019. “Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0.” PURWADITA: 77–83.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung: 1–6.

Eriyanti, Ribut Wahyu, Yus Mochamad Cholily, and Masduki Masduki. 2022. “Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Berbasis HOTS Untuk Mengembangkan Berpikir Ktitis Dan Kreatif Siswa.” To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(3): 416.

Fajri, Iwan, Rusli Yusuf, and Mohd Zailani Mohd Yusoff. 2021. “Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21.” JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian 2(3): 105–18.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. 2020. “Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Basicedu 5(5): 3(2), 524–32.

Haryati, Linda Feni, and Muhammad Nur Wangid. 2023. “Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21.” Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial 12(1): 23–28.

Jufriadi, Akhmad et al. 2022. “Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7(1): 39–53.

Loho, Ambrosius Markus. 2022. “Makna Karya Seni Menurut Clive Bell the Meaning of a Work of Art According To Clive Bell.” Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni) 7(1): 53–68.

Lubis, Maria Ulfa et al. 2023. “PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PENDIDIKAN Maria.”Education and Learning Journal 1 (January): 106–13.

Medriati, Rosane, and Eko Risdianto. 2020. “Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (Scl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester Iii Universitas Bengkulu.” Jurnal Kumparan Fisika 3(1): 67–74.

Mishbah Suryawanto, Arif, and Wahyu Lestari. 2021. “Pemanfaatan Modul Tematik Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Saat Pandemi Covid-19.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6(1): 89–102.

Mu’minah, Iim Halimatul, and Ipin Aripin. 2019. “Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1(2012): 1496.

Nesri, Fabiana Dini Prawingga, and Yosep Dwi Kristanto. 2020. “Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(3): 480.

Nur Ekasari, Firdha, Sifaul Luilil Absor, and Nurbeta Dela Milenia. 2022. “DASAR- DASAR SENI PERTUNJUKAN KELAS X Tim Astrapedia PT DINAMIKA ASTRAPEDIA SEJAHTERA.”

Putera, Apriyanto Hadi, Harti Harti, and Norida Candra Sakti. 2021. “Ketercapaian Empat Keterampilan Abad 21 Pada Pengembangan Modul Social Media Marketing.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4(2): 325–37.

Rusadi, Bobi Erno, Rohmat Widiyanto, and Rahmat Rifai Lubis. 2019. “Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21.” Conciencia 19(2): 112–31.

Rustamana, Agus. 2020. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3(1): 139–53.

Soleh, Anjas Rusdiyanto, and Zainal Arifin. 2021. “Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13(2): 473–90.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29.

Susanti, Riri. 2017. “Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2(2): 156–73.

Umam, Hilman Imadul, and Salma Hikmatul Jiddiyyah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21.” Jurnal Basicedu 5(1): 350–56

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Hesti, H., Sutama, S., Murtiyasa, B., Markamah, M., Prayitno, P., Muhibbin, M., & Anif, A. (2024). Studi Literatur: Implementasi Modul Seni Pertunjukkan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikatif di Abad 21. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 162–170. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15041