Analisis Eror dalam Bahasa Inggris pada Kelas Speaking
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15042Keywords:
Speaking, Analisa, Bahasa InggrisAbstract
Keterampilan berbicara merupakan keterampilan dasar dalam mempelajari sebuah bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan berbahasa Inggris anak-anak Migran Indonesia yang telah menetap lama di Malaysia. Di sini, penulis menerapkan pendekatan kualitatif naturalistik, hal ini merupakan pertimbangan bahwa penulis fokus pada mengamati, mendeskripsikan, menafsirkan dan memahami apa yang biasanya dilakukan siswa dan guru di kelas berbicara. Metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan sekitar 50% sampel mempunyai kemampuan berbicara yang cukup baik dengan tata bahasa yang benar, santai, dapat memberikan manfaat bagi pendengarnya. Sekitar 20% sampel mempunyai kemampuan sedang, dan 30% sisanya kemampuan berbicaranya masih buruk. Mereka membutuhkan banyak perbaikan dalam tata bahasa.
References
Al Rajafi, G., & Wahyuingsih, Y. (2022). Promotion of Modern Tourism in Lampung Province with the Scaffolded Reading Method in the New Normal Era. ELT-Lectura, 9(1), 56-66.
Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: Status And Influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.
Alrajafi, G., Maretha, C., & Puspita, R. (2023). Mahir Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Teknik Probing-Promting Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 409-419.
Alrajafi, G., Wahyuningsih, Y., & Maretha, C. (2022). Contributing Factors In Development Of Speaking Skill. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 2(1), 1-8.
Eryon, E., Maretha, C., Alrajafi, G., & Puspita, R. (2023). The Translation Shift Of Translating Adverb Manner Wth Suffix–Ly From English As The Source Language Into Indonesian As The Target Language (Case Study Of Translating Novel” Pit Pendulum” By Edgar Alan Poe Into “Jurang Dan Pendulum” By Maggie Tiojakin). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(2), 98-116.
Harmer, J., & Khan, S. (1991). The Practice of English Language Teaching with DVD. A TESOL Publication of English Australia Pty Ltd, 24(1), 85.
Indriyani, W. I., Sutama, S., Novitasari, M., Alrajafi, G., Desmayanasari, D., & Adnan, M. (2023, June). Creative Thinking Ability To Solve Open-Ended Problems In Madrasah Aliyah. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2727, No. 1). AIP Publishing.
Maretha, C., Alrajafi, G., & Wahyuningsih, Y. (2021). Linguistic Etiquette In Communication. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(2), 87-95.
Paderan, M. P. C., Alrajafi, G., & Eryon, E. (2023). The Analysis Of Speech Features Of Female Characters In Gossiping (A Study Case In The Film “Bridesmaids”). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(1), 72-87.
Setyaningrum, L., Kholid, M. N., Prihatini, C., Maretha, C., & Alrajafi, G. (2024, January). Defragmenting The Structure Of Pseudo-Thinking Students In Solving Contextual Problems On Integer Problems. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2926, No. 1). AIP Publishing.
Wahyuningsih, Y., Maretha, C., & Alrajafi, G. (2023). The Use Of Total Physical Response Method On The Students’learning Motivation. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(2), 117-124.