Metode Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa dengan Gangguan Spektrum Autis (Systematic Literature Review)

Authors

  • M Rezki Ramadhan Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Ossy Firstanti Wardani Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Dela Devita Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Marlon S Pontillas Camarines Sur Polytechnic Colleges

Keywords:

Metode Pembelajaran, Bina Diri, Aktivitas Sehari-Hari, Gangguan Spektrum Autis

Abstract

Hambatan interaksi sosial, komunikasi, imitasi dan sensomotorik mengakibatkan siswa dengan gangguan spektrum autis bermasalah dalam keterampilan bina diri. Studi ini merupakan systematic literature review yang bertujuan menggali metode-metode yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan bina diri siswa dengan gangguan spektrum autis. Pencarian dilakukan di Google Scholar dengan sejumlah kriteria diantaranya merupkan artikel hasil penelitian 6 tahun terakhir (2018-2023). Berdasarkan kesepuluh artikel yang memenuhi kriteria, didapat lima metode yang dapat digunakan yakni analisis tugas (task analysis), edutainment, latihan (drill), pemberian tugas (resitasi), dan TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children). Kelima metode tersebut dapat dikombinasikan dan menjadi dasar-dasar dalam mengajarkan keterampilan bina diri siswa dengan gangguan spektrum autis. Sehingga disimpulkan bahwa dalam mengembangkan keterampilan bina diri siswa autis, guru perlu menyusun analisis tugas, merancang pembelajaran yang menyenangkan, melakukan latihan berulang (drill), pemberian tugas terkait keterampilan, serta menerapkan komponen-komponen pembelajaran yang terstruktur atau TEACCH.

References

Afifah, N., & Asnah, , Megaiswari Biran. (2021). Meningkatkan Keterampilan Toilet Training Melalui Metode Latihan bagi Anak Autis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 679–684. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2240

Ahmed, S., Waseem, H., Rehman, A. ur, Sadaf, A., Ashiq, R., Rose, S., & Basit, H. (2020). Effects of Sensorimotor Problems on the Performance of Activities of Daily Living in Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Health, Medicine and Nursing, 70(August), 1–6. https://doi.org/10.7176/jhmn/70-01

Ahmed, S., Waseem, H., Sadaf, A., Ashiq, R., Basit, H., & Rose, S. (2021). Daily Living Tasks Affected by Sensory and Motor Problems in Children with Autism Aged 5-12 Years. Journal of Health, Medicine and Nursing, (September). https://doi.org/10.7176/jhmn/92-02

Aidid, E. (2020). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE RESITASI. CV. Bayfa Cendekia Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Qt0PEAAAQBAJ

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2022). A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif: Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Penerbit Andi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=_lekEAAAQBAJ

Bettany-Saltikov, J. (2016). How to Do a Systematic Literature Review in Nursing: a Step- by-Step Guide. McGraw-Hill Education. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=qMkvEAAAQBAJ

Cahyani, L. A., & Chamidah, A. N. (2017). Efektivitas Pembelajaran Bina Diri Berdasarkan Metode TEACCH terhadap Peningkatan Kemampuan Menggosok Gigi Siswa Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 13(1), 22–37.

Edemekong, P. F., Bomgaars, D. L., Sukumaran, S., & Schoo, C. (2023). Activities of Daily Living. Treasure Island (FL).

Fadlillah, M., Filasofa, F., Wantini, W., Akbar, E., & Fauziyah, S. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=TFFADwAAQBAJ

Fakhma, L. (2019). PENERAPAN TASK ANALYSIS DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI BAGI ANAK AUTIS DI SLB. JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS, 1–11. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Guswanti, T., & Ardisal. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mencuci Sepatu Melalui Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Autisme ( Penelitian Tindakan Kelas ) di SLB YPPA Padang. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 1–7.

Kiteley, R., & Stogdon, C. (2013). Literature Reviews in Social Work. SAGE Publications. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=v6qHAwAAQBAJ

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD: Pendekatan dan Teknis. Media Maxima. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=8-ZMDwAAQBAJ

Lestari, M. (2017). The Increase Of Pre-Menstruation Skill Through Practice Method For Autism Children In SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(4), 405–414.

Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior modification: What it is and how to do it. Boston: Pearson Education.

Nurhasanah, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Toilet Training Anak Autis Melalui Metode Latihan (Drill) Di Pusat Layanan Autis Yogyakarta Increased the Ability Build of Self in the Autistic Children Toilet Training Them Selves Through Training Methods (Drill) in Specia. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(2), 149–158.

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic Reviews: The Experiences of a PhD Student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.2304/plat.2002.2.1.32

Rafikayati, A., Rachmadtullah, R., Anugerah, Y., Perdanake, K., & Rafikayati, A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BINA DIRI BERDASARKAN METODE TEACCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI SISWA AUTIS. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 3(2), 124–132.

Safitri, R. E. (2018). Metode Edutainment Bermedia Video Modeling Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpakaian pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(1), 1–11.

Saripudin, A. (2021). MODEL EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PAUD - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=4kwaEAAAQBAJ

Solihin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Mencuci Pakaian Dengan Di Slb Autisma Dian Amanah Yogyakarta the Improvement of Self-Care Washing Clohtes Using Task Analysis Method for Child With Autism Grade Ix At Slb Autisma. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(5), 469–478.

Virués-Ortega, J., Angela, A.-S., Hird, C., & Phillips, K. (2017). The TEACCH Program for People with Autism: Elements, Outcomes, and Comparison with Competing Models. In J. L. Matson (Ed.), Handbook of Treatments for Autism Spectrum Disorder (pp. 427–436). Springer. Retrieved from https://ezproxy.navitas.com/docview/2086505371?accountid=137399%0Ahttp://navitas-primo.hosted.exlibrisgroup.com/openurl/ACP/ACP_SERVICES_PAGE?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=dissertations+%26+theses&sid=ProQ:Publicl

Vivanti, G., & Hamilton, A. (2014). Imitation in Autism Spectrum Disorders. Handbook of Autism and Pervasive Developmental Disorders, Fourth Edition, (February 2015). https://doi.org/10.1002/9781118911389.hautc12

Wardany, O. F., & Apriyanti, M. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Khusus bagi Peserta Didik Autis disertai Hambatan Intelektual. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wulansari, W. M., & Widajati, W. (2016). Metode Resitasi bermedia Dressing Frame Set Terhadap Kemampuan Bina Diri Pada Anak Autis di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–10.

Downloads

Published

2024-01-29