Meningkatkan Kemampuan Grammar Melalui Aplikasi English Ultimate

Authors

  • Samanik Samanik Universitas Teknokrat Indonesia
  • Eryon Eryon Universitas Muhammadiyah Lampung

Keywords:

Grammar, Aplikasi, Bahasa Inggris

Abstract

Tata bahasa merupakan salah satu bagian terpenting dalam bahasa Inggris, karena unsur ini menyatu dengan unsur lain seperti berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Masalah utamanya adalah tata bahasa Inggris yang sangat rumit karena di Indonesia bahasa Inggris merupakan bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan tata bahasa pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia dan memberikan referensi dalam pengajaran tata bahasa dengan menggunakan aplikasi berbasis Android yang sangat mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Quasi Eksperimental digunakan penuh dalam menyelesaiakan keperluan penelitian. Desain penelitian sangat sederhana, hanya menggunakan tipe kelompok tungga dengan 3 fase penelitian yaitu pre test, perlakuan dan post tes. Pada nilai pretest sebanyak 66,7% responden tidak mendapatkan nilai sesuai standar minimal yang telah ditentukan. Setelah diberikan pengobatan sebanyak 4 kali dalam satu bulan, angka tersebut berubah menjadi 33,3%. Hasil akhir penelitian meyatakan penggunaan aplikasi English Ultimate memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap penguasaan grammar.`1

References

Al Rajafi, G., & Wahyuingsih, Y. (2022). Promotion of Modern Tourism in Lampung Province with the Scaffolded Reading Method in the New Normal Era. ELT-Lectura, 9(1), 56-66.

Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: Status And Influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.

Alrajafi, G., Maretha, C., & Puspita, R. (2023). Mahir Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Teknik Probing-Promting Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 409-419.

Alrajafi, G., Wahyuningsih, Y., & Maretha, C. (2022). Contributing Factors In Development Of Speaking Skill. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 2(1), 1-8.

Eryon, E., Maretha, C., Alrajafi, G., & Puspita, R. (2023). The Translation Shift Of Translating Adverb Manner Wth Suffix–Ly From English As The Source Language Into Indonesian As The Target Language (Case Study Of Translating Novel” Pit Pendulum” By Edgar Alan Poe Into “Jurang Dan Pendulum” By Maggie Tiojakin). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(2), 98-116.

Harmer, J., & Khan, S. (1991). The Practice of English Language Teaching with DVD. A TESOL Publication of English Australia Pty Ltd, 24(1), 85.

Indriyani, W. I., Sutama, S., Novitasari, M., Alrajafi, G., Desmayanasari, D., & Adnan, M. (2023, June). Creative Thinking Ability To Solve Open-Ended Problems In Madrasah Aliyah. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2727, No. 1). AIP Publishing.

Ismiati, M. B., Hermawan, L., & Widiastuti, P. (2020). Aplikasi Pembelajaran English Grammar Berbasis Game Android. Jurnal Transformatika, 17(2), 177-187.

Mahardika, A. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Dan Penggunaan English Grammar Melalui Aplikasi Desktop (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Maretha, C., Alrajafi, G., & Wahyuningsih, Y. (2021). Linguistic Etiquette In Communication. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(2), 87-95.

Ningrum, H. W., Handoyo, B., & Wiyaka, W. (2018). Meningkatkan Penguasaan Grammar Dalam Materi Future Tenses Dengan Menggunakan Cards Of The Future Game Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 152-156.

Niswah, A. A. (2022). Speedy Grammar: Aplikasi Game untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 163-174.

Paderan, M. P. C., Alrajafi, G., & Eryon, E. (2023). The Analysis Of Speech Features Of Female Characters In Gossiping (A Study Case In The Film “Bridesmaids”). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(1), 72-87.

Setyaningrum, L., Kholid, M. N., Prihatini, C., Maretha, C., & Alrajafi, G. (2024, January). Defragmenting The Structure Of Pseudo-Thinking Students In Solving Contextual Problems On Integer Problems. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2926, No. 1). AIP Publishing.

Singodiwongso, S., & Susilawati, S. (2021). Peningkatan Penguasaan Grammar Dalam Menulis Kalimat Melalui Teknik Mistake Buster. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 367-380.

Wahyuningsih, Y., Maretha, C., & Alrajafi, G. (2023). The Use Of Total Physical Response Method On The Students’learning Motivation. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(2), 117-124.

Downloads

Published

2024-01-29