Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kesantunan Positif (Studi Literatur)

Authors

  • Idawati Idawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harun Joko Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Markamah Markamah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sofyan Anif Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Gaya Bahasa Sindiran, Acara Lapor Pak, Alternatif Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media audio visual untuk meningkatkan kesantunan positif dalam pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriktif melalui teknik penelitian studi literatur. Data yang diperoleh berdasarkan 15  artikel junal yang dianalisis, media audio visual dapat disimpulkan mampu meningkatkan kesantunan positif peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia  di beberapa sekolah SMP Kelas VII. Teknik analisis data yang dilakukan melaui pengumpulan data, redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data tersebut media audio visual menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran yang digunakan. Media audio visual dalam implementasinya memiliki kelebihan sehingga menjadikan peserta didik mampu mengolah sikap atau afektif peserta didik itu sendiri. Namun, ada juga hambatan yang jika guru tidak tepat dalam penyajian media audio visual yang dipilih. Oleh sebab itu, guru harus mampu mengimplementasikan media audio visual  dengan cara yang tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan agar menyenangkan dan mudah dipahami.

References

Adiyani, A., Sumiyati, Y., & Taryatman, T. (2022). Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Membentuk Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(3), 1475–1479. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i3.12349

Alkan, Y. (2018). Beauchamp ve Greenberg’te Adalet ve İktisadi Adalet. Journal of Social Sciences And Education.

Anzela, R., & Rosadi, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajajaran PAI. JOTTER: Journal of Teacher Training and Educational Research, 1(1), 1–8.

Arifudin, I. (2019). The Democtratization Of Educational System In Islamic Boarding School; Case Study In Al-munawir Islamic Boarding School In Krapyak YOGYAKARTA …. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies.

Arikan, A. (2021). DENİZİN ÖTESİNDEN BİR ÖYKÜ, FRANSALI MARIE VE SALÂHADDÎN. The Legends Journal of European History Studies ….

Dewi Fitria, M. A. A. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Kelompok B Di TK Cahaya Tanjung Morawa T.A 2021/2022. Invention: Journal Research and Education Studies, 4(1), 14–28. https://doi.org/10.51178/invention.v4i1.1166

Eva, E., Yosro, N., Ristianti, D. H., Kusen, K., & ... (2020). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. JOEAI: Journal of ….

Halimatussakdiah, S. S., & Sumarwati, N. E. W. (2021). Application of Audio-Visual Media to Improve Writing Skills and Learning Activities of Elementary School Students Victims in the Mount Sinabung Disaster, North Sumatra,. Journal of Hunan University …, 48(7), 244–255.

Hamdani, H. (2021). Defending Islam Nusantara at the Frontline. ISLAM NUSANTARA: Journal for the Study of ….

Hardanti, A. D. T., Rahmawati, F. P., & ... (2022). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Bringin. Educatif Journal of ….

Hefi Rusnita Dewi, & Hatijah, H. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Berdukungan Media Audiovisual untuk Menanamkan Sikap Sopan Santun pada Siswa Sekolah Dasar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 104–113. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.363

Hulkin, M., & Prastowo, A. (2023). Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Akhlak Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1553–1562. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5027

Idawati, Sutama, Sumardjoko, B., Fauziati, E., & Harsono. (2023). Indonesian Learning with Audio-Visual Media: Noble Character Civilization. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_81

Iskandar, A., Rizal, M., Kurniasih, N., & ... (2018). The Effects of Multimedia Learning on Students Achievement in Terms of Cognitive Test Results. Journal of Physics …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012019

Lestari, R., Nababan, M. R., & Djatmika, D. (2020). Representasi Kesantunan Dalam Novel Anne of Green Gables: Kajian Pragmatik. PRASASTI: Journal of Linguistics, 5(2), 220. https://doi.org/10.20961/prasasti.v5i2.39421

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Widayati, I. (2019). Is Audio Visual Media Effective for Learning? 335(ICESSHum), 260–264. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.42

Masnun, M. (2022). Pendidikan Akhlak dalam kitab-kitab Bahasa Arab karya Habib Hasan bin Ahmad Baharun. Chalim Journal of Teaching and Learning ….

Mislikhah, S. (2014). Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285. https://doi.org/10.20859/jar.v1i2.18

Munandar, A. (2022). Metode Guru dalam Membina Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah. Journal of Educational Research.

Muntiani, T., Karim, M. B., & Nazarullail, F. (2021). The Development of Animation Video-Based Learning Media for Introducing Discipline to Children Aged 4-5 Years. Child Education Journal, 3(3), 162–168. https://doi.org/10.33086/cej.v3i3.2436

Nugraha, U., Ilham, I., Harjono, H. S., & Setiawan, A. (2023). Learning Videos with Gymnastic Materials on The Character of Students’ Discipline and Cooperation. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.45277

Nurmalasari, I., & Karimah, D. Z. (2020). Peran Manajemen SDM dalam Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. In MANAGERE: Indonesian Journal of …. scholar.archive.org.

Parker d.k. (2005). Menumbuhkan kemandirian dan harga diri anak / Deborah K. Parker ; alih bahasa, Drs. Bambang Wibisono, M.Pd ; editor, Sunarni ME. Jakarta, Prestasi Putrakarya. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Documents/11410126_Bab_2.pdf

Prayitno, H. J., Markhamah, Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Ubaidullah, Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8), e10016. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016

Rachma, N., & Astutik, A. P. (2022). Analysis of the Values of Faith Education in the film Ayat-Ayat Cinta 2. Indonesian Journal of Education Methods Development, 20, 1–8. https://doi.org/10.21070/ijemd.v20i.673

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2014). Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Smp N 1 Banyumas. LingTera, 1(2), 136. https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591

Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The influence of interactive multimedia technology to enhance achievement students on practice skills in mechanical technology. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104

Razak, F. M. (2020). Karakter Toleransi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di-SMPN 3 Muaro Jambi. Integrated Science Education Journal, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.37251/isej.v1i1.11

Robecca, J., Sofiani, R. I., & Hasti, N. (2020). Penerapanan Metode Beyond Centers And Circle Time (Bcct) Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). … and Empowerment Journal ….

Rostini, D., Zuhdi, A., & Ayundhari, V. L. (2020). The Management of Character Education in Schools Around Pesantren Environment to Build Akhlakul Karimah. Journal of Accounting and Finance ….

Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98. https://doi.org/10.33292/petier.v2i2.12

Sinaga, I. T. D., Rahan, N. W. S., & ... (2022). Pengaruh media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and ….

Sowntharya, Y. L., S.Gomathi, & Muhuntarajan, C. (2014). Audio Visual Media and English Learners. International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication, 2(2), 384–386.

Suharsiwi, S., Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797

Suryati, S. (2019). Implementasi Metode Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Kimia Materi Termokmia Dikelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 …. Lantanida Journal.

Tisnawati, N., & Andriani, S. P. (2022). Penggunaan Media Berbasis Audio-Visual Dalam Film Omar Dan Hana Sebagai Penanaman Akhlak Karimah Anak Usia Dini Di Paud …. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early …, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.30587/jieec.v4i1.3677

Wembali, R., Bahri, S., & Sastrawan, E. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kemitraan Masyarakat Di Desa Doda Melalui Pembelajaran Tambahan Dan Pemutaran Film Edukasi. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 5(2), 264–271.

Zulham, Z., Mt, S. T., Maksim, K., & Leech, G. (2023). Kesantunan Berbahasa Dalam Lingkungan Keluarga Anggota Dewan H . Ameena Journal, 1(1), 111–119.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Idawati, I., Murtiyasa, B., Sutama, S., Prayitno, H. J., Markamah, M., & Anif, S. (2024). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kesantunan Positif (Studi Literatur). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 216–228. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15051