Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Team Quiz dalam Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15055Keywords:
Pemecahan Masalah, Model Team Quis, Blended LearningAbstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan model team quis yang bertujuan untukimengetahuiiapakahiada pengaruh model pemebelajaran team quis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan experimen yaitu dengan memberikan perlakuan berbeda terhadap dua kelompok siswa sample yang digunakan adalah cluster random sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulanm data menggunakan tes essay sebanyak 10 soal. Analisis data menggunakan t-tes. Hasil analisis data menunjukan bahwa t-hit = 2,74 sedangkan t-daf = 2.016 maka t-hit > t-daf. dari hasil tersebut dapatidisimpulkani bahwaiada pengaruhiyang positif penggunaan modeli pembelajarani team quis terhadapi kemampuani pemecahani masalahi matematikai siswa.
References
Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355
Maarop, A. H., & Embi, M. A. (2016). Implementation of Blended Learning in Higher Learning Institutions: A Review of Literature. International Education Studies, 9(3), 41. https://doi.org/10.5539/ies.v9n3p41
Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 43–52. https://doi.org/10.1177/019263650108562306
Nasution, H. N. (2019). Efetivitas Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Syahbuddin Mustafa Nauli. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 1–8. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/979
Nindiasari, H., Kusumah, Y., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2014). Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 80–90.
Ningsih, YL, J. J. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. RAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1237
Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457
Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689
Silberman, M. L. (2013). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendikia.
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009
Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168. https://doi.org/10.21009/jtp1803.2
Syarif, I. (2013). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Thorne, K. (2003). Blended learning: How to integrate online and traditional learning. Kogan Page.
Vernadakis, N., Giannousi, M., Derri, V., Michalopoulos, M., & Kioumourtzoglou, E. (2012). The impact of blended and traditional instruction in students’ performance. Procedia Technology, 1, 439–443. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.02.098
Yanti, F. N., _ F., & Sugiharta, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180.