Meningkatkan Ketrampilan Literasi Membaca dengan Menggunakan Metode P2R

Authors

  • Candraning Prihatini Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Musiman Musiman Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Yulia Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Lampung

Keywords:

Reading, P2R, Bahasa Inggris

Abstract

Membaca merupakan keterampilan sadar bahasa Inggris yang perlu dikuasai di era digital. Keterampilan ini menjadi salah satu faktor penentu masuknya informasi dari dunia luar. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk meningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan sebuah metode pembelajaran yang disebut dengan P2R. Penelitian ini merupakan penelitian dengan mengunakan pendekatan eksperimental dalam menyajikan data yang didapat dilapangan. Metode analis data didapat dari proses pre tes, treatment dan tahapan yang terakhir yaitu post tes. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan terhadap keterampilan membaca responden setelah diberikan treatment. Metode ini dinilai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca responden

References

Membaca merupakan keterampilan sadar bahasa Inggris yang perlu dikuasai di era digital. Keterampilan ini menjadi salah satu faktor penentu masuknya informasi dari dunia luar. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk meningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan sebuah metode pembelajaran yang disebut dengan P2R. Penelitian ini merupakan penelitian dengan mengunakan pendekatan eksperimental dalam menyajikan data yang didapat dilapangan. Metode analis data didapat dari proses pre tes, treatment dan tahapan yang terakhir yaitu post tes. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan terhadap keterampilan membaca responden setelah diberikan treatment. Metode ini dinilai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca responden

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Prihatini, C., Musiman, M., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Ketrampilan Literasi Membaca dengan Menggunakan Metode P2R. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 242–249. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15056