Meningkatkan Ketrampilan Literasi Membaca dengan Menggunakan Metode P2R

Authors

  • Candraning Prihatini Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Musiman Musiman Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Yulia Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15056

Keywords:

Reading, P2R, Bahasa Inggris

Abstract

Membaca merupakan keterampilan sadar bahasa Inggris yang perlu dikuasai di era digital. Keterampilan ini menjadi salah satu faktor penentu masuknya informasi dari dunia luar. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk meningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan sebuah metode pembelajaran yang disebut dengan P2R. Penelitian ini merupakan penelitian dengan mengunakan pendekatan eksperimental dalam menyajikan data yang didapat dilapangan. Metode analis data didapat dari proses pre tes, treatment dan tahapan yang terakhir yaitu post tes. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan terhadap keterampilan membaca responden setelah diberikan treatment. Metode ini dinilai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca responden

References

Al Rajafi, G., & Wahyuingsih, Y. (2022). Promotion of Modern Tourism in Lampung Province with the Scaffolded Reading Method in the New Normal Era. ELT-Lectura, 9(1), 56-66.

Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: Status And Influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.

Alrajafi, G., Maretha, C., & Puspita, R. (2023). Mahir Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Teknik Probing-Promting Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 409-419.

Alrajafi, G., Wahyuningsih, Y., & Maretha, C. (2022). Contributing Factors In Development Of Speaking Skill. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 2(1), 1-8.

Eryon, E., Maretha, C., Alrajafi, G., & Puspita, R. (2023). The Translation Shift Of Translating Adverb Manner Wth Suffix–Ly From English As The Source Language Into Indonesian As The Target Language (Case Study Of Translating Novel” Pit Pendulum” By Edgar Alan Poe Into “Jurang Dan Pendulum” By Maggie Tiojakin). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(2), 98-116.

Harmer, J., & Khan, S. (1991). The Practice of English Language Teaching with DVD. A TESOL Publication of English Australia Pty Ltd, 24(1), 85.

Indriyani, W. I., Sutama, S., Novitasari, M., Alrajafi, G., Desmayanasari, D., & Adnan, M. (2023, June). Creative Thinking Ability To Solve Open-Ended Problems In Madrasah Aliyah. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2727, No. 1). AIP Publishing.

Maretha, C., Alrajafi, G., & Wahyuningsih, Y. (2021). Linguistic Etiquette In Communication. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(2), 87-95.

Paderan, M. P. C., Alrajafi, G., & Eryon, E. (2023). The Analysis Of Speech Features Of Female Characters In Gossiping (A Study Case In The Film “Bridesmaids”). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(1), 72-87.

Setyaningrum, L., Kholid, M. N., Prihatini, C., Maretha, C., & Alrajafi, G. (2024, January). Defragmenting The Structure Of Pseudo-Thinking Students In Solving Contextual Problems On Integer Problems. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2926, No. 1). AIP Publishing.

Wahyuningsih, Y., Maretha, C., & Alrajafi, G. (2023). The Use Of Total Physical Response Method On The Students’learning Motivation. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(2), 117-124.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Prihatini, C., Musiman, M., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Ketrampilan Literasi Membaca dengan Menggunakan Metode P2R. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 242–249. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.15056