Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran Najwa Shihab dalam Acara Lapor Pak Di Youtube Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah

Authors

  • Dalman Dalman Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Marlon S Pontillas Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Saleh Fahrudin Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Septia Karyati Universitas Muhammadiyah Lampung

Keywords:

Gaya Bahasa sindiran, Acara Lapor Pak, Alternatif Bahan Ajar

Abstract

Pelnellitian ini melngkaji telntang gaya bahasa sindiran yang dipakai olelh Najwa Shihab dalam Acara Lapor Pak di Stasiuln Tellelvisi Trans7 yang ditayangkan ullang pada youltulbel. Meltodel pelnellitian yang digulnakan adalah jelnis pelnellitian delskriptif kulalitataif. Telknik pelngulmpullan data yang digulnakan olelh pelnullis dalam pelnellitian ini melnggulnakan telknik analisis isi. Sulmbelr data dalam pelnellitian ini belrulpa kalimat yang ditultulrkan olelh Najwa Shihab dalam acara Lapor Pak, yang belrisi gaya sindiran selrta melngandulng makna ulntulk melnyindir para tokoh politik dan peljabat-peljabat di Indonelsia. Hasil pelnellitian ini melnulnjulkkan bahwa telrdapat gaya bahasa sindiran yang diulcapkan olelh Najwa Shihab keltika seldang melmelrankan adelgan di acara Lapor Pak. Data yang didapat dalam pelnellitian ini selbanyak 19 gaya bahasa sindiran, yang telrdiri dari selpullulh gaya bahasa sindiran ironi, dula bahasa sindiran sinismel, lima bahasa gaya bahasa sindiran sarkasmel, satul bahasa sindiran satirel, satul bahasa sindiran innelulndo yang disampikan julga disellingi delngan kalimat-kalimat hulmor agar tidak melnimbulkan kelsalahpahaman dan ulntulk melnghindari konflik. Adapuln kellayakannya selbagai altelrnatif bahan ajar di SMP pada kompeltelnsi dasar (KD) 3.6, yaitul melnellaah strulktulr dan aspelk kelbahasaan celrita pelndelk yang dibaca ataul didelngar. Kompeltelnsi dasar ini belrtuljulan seltellah melngikulti pelmbellajaran pelselrta didik dapat melnjellaskan gaya bahasa yang telrdapat pada videlo selbagai meldia pelmbellajaran. Belrdasarkan kompeltelnsi dasar telrselbult pelselrta didik dapat melmpellajari belbagai jelnis gaya bahasa yang di gulnakan olelh Najwa Shihab.

References

Kelraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Grameldia Pulstaka Ultama.

Ayul Andini, R., Dalman, & Idawati. (2021). Prosiding Samasta Selminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonelsia Analisis Gaya Bahasa Pada Antologi Pulisi “Imaji Belrsajak Dalam Jarak (2021).” 685–691.

Nulrgiyantoro, Bulrhan. 2018. Telori Pelngkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Ulnivelrsity Prelels.

Waridah, El. 2016. ElYD dan Selpulta r Kelbahasa-Indonelsiaan. Jakarta: Kawan Pulstaka

Tarigan, Helnry Gulntulr. 2013. Melnullis Selbagai Sulatul Keltelrampilan Belrbahasa. Bandulng: Angkasa.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Dalman, D., Pontillas, M. S., Fahrudin, S., & Karyati, S. (2024). Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran Najwa Shihab dalam Acara Lapor Pak Di Youtube Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 280–285. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15057