Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Wahyu Alfusori Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Joemar P Antonio Phillipine Christian University
  • Desrina Hardianti Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Suryana Aini Asyhara Universitas Muhammadiyah Lampung

Keywords:

Pemecahan Masalah, SPLDV, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Absyah MTs Babul Hikmah Kalianda yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, dimana instrumen tersebut telah diverifikasi oleh validator ahli. Analisis data yang dilakukukan dengan empat tahap yaitu reduksi data, pemaparan data, analisis tujuan penelitian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak langkah penyelesaian matematis yang tidak dilakukan oleh siswa sehingga memperoleh hasil yang kurang tepat. Masih ditemukan kekeliruan dalam pengoperasian pada tahap pelaksanaan rencana. Serta kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV perlu ditingkatkan karena masih banyak siswa yang belum melaksanakan tahapan pemecahan masalah matematis dengan tepat.

References

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Hardianti, D., Priatna, N., & Priatna, B. A. (2017). Analysis of Geometric Thinking Students’ and Process-Guided Inquiry Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012088

Husna, N., & Munawarah, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP. Variabel, 1(1), 36. https://doi.org/10.26737/var.v1i1.575

Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648

Nurfauziah, N., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulat. Journal on Education, 1(2), 215–228.

Prabawanto, S., Utami, N. S., & Pebrianti, A. (2023). Assessing Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1965. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7346

Riansyah, M., Hardianti, D., & Asyhara, S. A. (2023). The Effect Of Numbered Heads Together Learning Model On Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 6(1), 73–81. https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i1.1427

Sitorus, R. (2006). Bimbingan Pemantapan Matematika SMP. Yrama Widya.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Alfusori, W., Antonio, J. P., Hardianti, D., & Asyhara, S. A. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 268–279. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15198