Survei Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pjok di SMA Negeri Se-Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Authors

  • M.Akbar Alpiqi Universitas PGRI Palembang
  • Jujur Gunawan Manullang
  • Widya Handayani

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.15836

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, Kurikulum Merdeka Belajar, Siswa, Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap data yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Pembelajaran Merdeka pada mata pelajaran PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kayuagung. Data primer yang digunakan diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru PJOK di SMA Negeri di Kecamatan Kayuagung. Metodologi penelitian kuantitatif diimplementasikan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini terdiri dari peserta didik dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dari masing-masing sekolah. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Kriteria pemilihan mencakup instruktur PJOK yang telah berpartisipasi dalam seminar atau sesi pelatihan mengenai kurikulum kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kayuagung. Sebanyak 20 sampel dikumpulkan, dengan 12 sampel dari guru dan 8 sampel dari siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kecamatan Kayuagung berada pada kategori sangat memuaskan, dengan skor 100% dari sudut pandang pengajar dan siswa. Artinya, Kurikulum Merdeka Belajar telah diimplementasikan secara bertahap oleh SMA Negeri di Kecamatan Kayuagung. Selain itu, Pembelajaran Berbasis Proyek yang merupakan salah satu kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar juga telah diimplementasikan

References

Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172.

Anggara, A., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899–1904.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan nilai Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

HAFIZH, P. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN PESAWARAN TAHUN 2023.

Hamdani, M. H., & Zulfaqor, M. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Ikhlash. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 930–934.

Hartati, M. S. (2019). Pengembangan metode pembelajaran dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).

Irvansyah, D., Wahyudi, A. N., & Darumoyo, K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PJOK. Jurnal Porkes, 6(2), 322–342.

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17.

Juditya, S., Hardi, V. J., Widaningsih, S., Gunawan, G., & Pristiawati, A. (2022). Sosialisasi dan Implementasiâ€: Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PJOK Di Kabupaten Cianjur. 12.

-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. Pandawa, 3(1), 119–128.

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021b). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. Pandawa, 3(1), 119–128.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238–244.

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Putri, N. I. (2023). Hambatan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran di SD Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of

Rukmini, A. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI MTS HASANUSSHOLIHAT TANGERANG. Berajah Journal, 2(3), 731–744.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 55–62.

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.

Wahyuni, E. (2023). KONSEP DASAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Oleh Eka Wahyuni. INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 1.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Yoseptry, R., Aisyah, I., Rostiani, M., Azizah, A. T. N., & Restiana, R. (2023). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Masa Pendemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri Cipamokolan 4 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 192–205.

Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172.

Anggara, A., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899–1904.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan nilai Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

HAFIZH, P. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN PESAWARAN TAHUN 2023.

Hamdani, M. H., & Zulfaqor, M. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Ikhlash. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 930–934.

Hartati, M. S. (2019). Pengembangan metode pembelajaran dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).

Irvansyah, D., Wahyudi, A. N., & Darumoyo, K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PJOK. Jurnal Porkes, 6(2), 322–342.

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17.

Juditya, S., Hardi, V. J., Widaningsih, S., Gunawan, G., & Pristiawati, A. (2022). Sosialisasi dan Implementasiâ€: Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PJOK Di Kabupaten Cianjur. 12.

-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. Pandawa, 3(1), 119–128.

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021b). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. Pandawa, 3(1), 119–128.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238–244.

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Putri, N. I. (2023). Hambatan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran di SD Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of

Rukmini, A. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI MTS HASANUSSHOLIHAT TANGERANG. Berajah Journal, 2(3), 731–744.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 55–62.

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.

Wahyuni, E. (2023). KONSEP DASAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Oleh Eka Wahyuni. INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 1.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Yoseptry, R., Aisyah, I., Rostiani, M., Azizah, A. T. N., & Restiana, R. (2023). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Masa Pendemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri Cipamokolan 4 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 192–205.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Alpiqi, M., Manullang, J. G., & Handayani, W. (2024). Survei Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pjok di SMA Negeri Se-Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(2), 79–94. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.15836