Pengaruh Pembangunan Perpustakaan terhadap Kualitas Belajar Anak di Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut

Authors

  • Dadan Rohman ITB Ahmad Dahlan
  • Destin Siva’ul Kamila ITB Ahmad Dahlan
  • Ranti Okta Yolanda ITB Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i3.16329

Keywords:

Kualitas belajar, Membaca, Perpustakaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembangunan perpustakaan  terhadap kualitas belajar anak di Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut. Dengan adanya perpustakaan, diharapkan anak-anak akan tertarik dan termotivasi untuk lebih giat belajar serta mengembangkan hobi membaca. Sasaran pembangunan perpustakaan ini adalah pengurus panti dan anak-anak panti agar perpustakaan dapat dijadikan tempat proses belajar mengajar, serta meningkatkan ilmu pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi pustaka, yang melibatkan pengumpulan dan analisis literatur yang relevan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengaruh perpustakaan terhadap kualitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan dapat meningkatkan proses kegiatan belajar, mendorong potensi, minat, dan bakat anak-anak, serta meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mereka. Dengan demikian, perpustakaan memberikan dampak positif bagi anak-anak Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif.

References

Ayu, dkk. (2021). Strategi Pembinaan Anak Asuh dalam Pembentukan Perilaku Sosial di Panti Asuhan. Jurnal Dedikasi PKM UNPAM. Vol. 2, No. 3, September 2021, Hal (351-354)

Betty Yulia Wulansari, dan Sugito. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta.

Dani, Ahmad. 2021. Literasi Keislaman Melalui Program Peprustakaan Di Panti Asuhan Bina Insani Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Kota Bengkulu

Dian, dkk. (2018). Peran Jejak Literasi (JeLi) Perpustakaan Umum Bahagia Mendawai dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Volume 11, nomor 2.

Eskha, Ahmad. (2018). Peranan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Volume 2, nomor 1.

Fatimah. (2018). Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Vol 2, No 1, Maret 2018.

Hilda, dkk. (2023). Aspek-Aspek Membaca dan Pengembangan dalam Keterampilan Membaca di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. Vol.2, No.3 Agustus 2023.

Kastro, Alexander. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Vol. 4 No.1, April 2020 – Oktober 2020.

Kompas.com. (2023). Interpretasi Data: Pengertian dan Tujuannya. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023, https://www.kompas.com/skola/read/2023/06/28/070000369/interpretasi-data--pengertian-dan-tujuannya.

Kurniati. (2023). Peran Perpustakaan Dalam Melestarikan Warisan Budaya dan Sejarah Lokal. THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science. Vol. 3 No. 2, Desember 2023: 102-114.

Laily Fitriani, dan Rekyal Harjanty. 2023. Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. NTB, Indonesia.

Lia Hartati, dan Winanti Siswi Respati. Kompetensi Interpersonal Pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Asmara dan yang Tinggal di Panti Asuhan Cottage. Jurnal Psikologi, Vol. 10 No. 2, (2012), h.80

Masduki, U. (2021). Konsep Sedekah Bergulir untuk Pemberdayaan Masyarakat Duafa. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.32.200

Miza, dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6 (1), Year 2022.

Muliawati. (2024). Mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Membangun Perpustakaan dan Meningkatkan Kualitas Belajar Anak Di Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut. Kompasiana. Com. Diakses pada tanggal 25 Juli 2024. https://www.kompasiana.com/muliawati6232/666c5a6834777c235f5f6e54/mahasiswa-kkn-itb-ahmad-dahlan-membangun-perpustakaan-dan-tentang-program-pembelajaran-untuk-panti-asuhan-mizan-amanah-krukut.

Nurnida, dkk. (2024). Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of Law, Administration, and Social Science. Volume 4 No.4, 2024.

Roro Isawati Permata Ganggi. (2018). Membangun Kepercayaan Diri Pustakawan sebagai Upaya Aktualisasi Diri dalam Masarakat. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva. Volume 2, nomor 2.

Santoso, Hari. Promosi Sebagai Media Pembayaran Perpustakaan Sekolah. Jurnal Per-pustakaan Sekolah, Tahun 1, No 1. 2007. h. 3

Tasya, dkk. (2023). Strategi Meningkatkan Literasi Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Wahana Didaktika. ISSN: 2621-4075.

Tiara, dkk. (2023). Peran Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia dalam Membentuk Karakter Anak Panti. Jurnal SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora). Vol. 2 No. 1 (Maret 2023) 1-6.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Rohman, D., Siva’ul Kamila, D., & Okta Yolanda, R. (2024). Pengaruh Pembangunan Perpustakaan terhadap Kualitas Belajar Anak di Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(3), 18–32. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i3.16329