Nilai Budaya yang Terkandung dalam Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” Tingkat B-2

Authors

  • Muhammad Rozani Universitas Bangka Belitung
  • Nela Oktarina SMA Negeri 1 Pemali

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i3.16661

Keywords:

Bahasa Indonesia, Nilai-Nilai Budaya, Kearifan Lokal, BIPA, Bahan Ajar Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai budaya yang terdapat dalam buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” tingkat B-2. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi (concent analysis). Sumber data penelitian adalah buku ajar BIPA dengan judul “Sahabatku Indonesia” tingkat B-2. Data yang dianalisis berupa sub-unit ataupun kutipan-kutipan dalam buku yang mengandung nilai budaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data nilai budaya difokuskan pada tiga teks yang terdapat dalam buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” tingkat B-2, yakni dengan judul “Orang Baduy dan Hutan Mereka”, “Lompat Batu Suku Nias”, dan “Upacara Adat Ngarot di Kabupaten Indramayu”. Teks “Orang Baduy dan Hutan Mereka” memuat nilai budaya, seperti sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, dan sistem mata pencaharian. Sementara, pada teks “Lompat Batu Suku Nias” memuat nilai budaya sistem pengetahuan, sistem teknologi dan peralatan hidup, dan sistem kesenian. Terakhir pada teks “Upacara Adat Ngarot di Kabupaten Indramayu” memuat nilai budaya sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, dan sistem mata pencaharian.

 

Kata kunci: BIPA; Buku Ajar; Nilai Budaya

References

Adibah, I. Z. (2019). Penyelidikan Sejarah Tentang Masyarakat Dan Budaya. Jurnal Madaniyah, 9(1), 155.

Akhmad, N. (2020). Ensiklopedia keragaman budaya. Alprin.

Annisa, P. (2019). Pengaruh bahasa asing terhadap bahasa Indonesia di tengah arus globalisasi.

Anwar, A. (2016). Pengetahuan tradisional, modal sosial, dan indigenous knowledge terhadap kehidupan tradisional (studi kasus pada sosiologis deskriptif suku baduy). AGRISIA-Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 8(2).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. (2017). KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA.

Fernando, J., Turnip, E. Y., Feradris, K., Lim, J. B., & Nasution, A. (2024). Fenomena Kapitalisme Tersembunyi dalam Kehidupan Suku Baduy Luar. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 275–286.

Hermoyo, R. P., & Suher, M. (2017). Peranan budaya lokal dalam materi ajar bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).

Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Junaidi, F., Andhira, R., & Mustopa, E. (2017). Implementasi pembelajaran BIPA berbasis budaya sebagai strategi menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).

Koentjaraningrat. (2015). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Gramedia Pustaka.

Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–45.

Kusumawati, T. I. (2018). Peranan Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Nizhamiyah, 8(2).

Laily, N. (2017). Konservasi Alam dalam Novel Baiat Cinta Di Tanah Baduy Karya Uten Sutendy (Kajian Ekokritik Greg Garrard). Jurnal Sapala, 3(1), 1–10.

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125

Misno, M., Kurnia, A., & Rochman, K. L. (2021). Dilema Suku Baduy: Antara Kewajiban Ngahuma dan Keterbatasan Lahan Huma. Kawalu: Journal of Local Culture, 8(2), 58–92.

Nggewaka, A. (2020). Dimensi Fungsional Upacara Ndambu Pada Masyarakat Malind Suku Kima-Ghima Di Distrik Kimaam Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Universitas Hasanuddin.

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106.

Nurfalah, L., De Claresya, C. S., & Bidjaksono, M. B. (2023). Adaptasi masyarakat suku baduy luar terhadap perkembangan global berbasis kearifan lokal. Journal of Socio-Cultural Sustainability and Resilience, 1(1).

Nurmaulida, A. (2023). Potensi memudarnya budaya suku baduy luar terhadap era globalisasi. Jurnal Sitakara, 8(1), 43–53.

Pardede, J. F. (2023). STRATEGI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING MELALUI PENDEKATAN BUDAYA. SOSIAL DAN HUMANIORA, 50.

Permatasari, A. S. N., Nugraha, S. T., & Widharyanto, B. (2022). Analisis unsur budaya dalam buku ajar BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(1), 1–8.

Prawira, N. G. (2019). Reaktualisasi Budaya Ngarot dalam Seni Pertunjukan Tradisional di Desa Lelea Kabupaten Indramayu. IRAMA: JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA, 1(2), 77–86.

Pudjiastuti, S. R., Permatasari, A., Nandang, A., & Gunawan, I. (2023). Tantangan Dalam Menjaga Identitas Budaya Baduy Luar Dan Baduy Dalam Pada Era Perubahan. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 630–637.

Rahaya, I. S., & Sahidillah, M. W. (2022). Pemanfaatan Nilai Budaya Legenda Rawa Pening sebagai Bahan Ajar BIPA. Jurnal Digdaya, 1(1), 29–34.

Rahma, S. S., & Suwandi, S. (2021). Analisis Kelayakan Isi dan Muatan Budaya dalam Buku Ajar BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 13–24.

Riyanti, A. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Ngarot Dalam Pembelajaran Sosiologi. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 8(1).

Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi bahasa Indonesia dan internalisasi budaya Indonesia melalui bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). An-Nas, 2(2), 199–212.

Rozani, M. (2020). NILAI-NILAI BUDAYA DALAM PERTUNJUKAN DAMBUS MASYARAKAT BANGKA BELITUNG DAN PEMANFAATAN HASILNYA SEBAGAI BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN DI SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Salama, P., & Kadir, H. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya. Jambura: Journal of Linguistics and Literature, 3(1), 91–99.

Setyaningsih, N., Nugroho, R. A., & Suryaningtyas, V. W. (2016). Pengembangan Materi Bipa Berbasis Multimedia Dan Berkonten Budaya Lokal. Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review), 3(1), 42–63.

Setyawan, B. W., & Saddhono, K. (2021). Pengembangan E-Book Pembelajaran BIPA bermuatan Materi Lokal Wisdom: Kajian di Perguruan Tinggi di Tiga Provinsi. INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA Perspektif Lintas Negara, 98.

Suparmini, S., Setyawati, S., & Sumunar, D. R. S. (2014). Mitigasi bencana berbasis kearifan lokal masyarakat Baduy. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1).

Suyitno, I. (2017). Aspek budaya dalam pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa). Fkip E-Proceeding, 55–70.

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.

Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan ajar Bahasa Indonesia ranah sosial budaya bagi penutur asing (BIPA). Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1 Januari).

Utami, D. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 277–294. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4747

Winoto, Y. (2021). Menggali nilai-nilai luhur pada tradisi upacara Ngarot: Kajian budaya mengenai nilai-nilai luhur pada tradisi upacara Ngarot di Desa Lelea Kabupaten Indramayau Provinsi Jawa Barat. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 21(1), 1–17.

Winoto, Y., Sahliani, J. W., & Anwar, R. K. (n.d.). Menggali Nilai-Nilai Luhur Pada Tradisi Upacara Ngarot: Kajian Budaya.

Zulfahmi, H. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2).

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Rozani, M., & Oktarina, N. (2024). Nilai Budaya yang Terkandung dalam Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” Tingkat B-2. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(3), 7–17. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i3.16661