PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI HERRINGBONE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2286Abstract
Abstrak
         Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan strategi herringbone dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester IIIa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-T dan anova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan strategi herringbone dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi mahasiswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji anova yang menunjukkan Fhitung adalah sebesar 12,34, sedangkan Ftabel untuk taraf 5% adalah sebesar 3,26 dan untuk taraf 1% adalah sebesar 5,25. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi herringbone dan kemampuan berpikir memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi mahasiswa.
Â
Kata Kunci: Strategi Herringbone, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Menulis Karangan Argumentasi
Â
WRITING ARGUMENTATION REQUIREMENTS WITH HERRINGBONE STRATEGIES AND STUDENT CRITICAL SKILLS
 Abstract         This study aims to determine the effect of the use of herringbone strategies and the ability to think critically about the ability to write arguments. The samples in this study were Semester IIIa Indonesian Language and Literature Education Study Program. The data analysis technique in this study used the SPSS program and was analyzed by T-test and ANOVA. Based on the results of hypothesis testing on the research that has been conducted, it is known that the use of herringbone strategies and students' critical thinking abilities together have a positive influence on the ability to write essays on student arguments. This is evidenced from the results of the ANOVA test which shows Fcount is 12.34, while Ftable for the level of 5% is 3.26 and for the level of 1% is 5.25. Thus, it can be concluded that herringbone strategy and thinking ability have an influence on the ability to write essays on student arguments.
Â
Keywords: Herringbone Strategy, Critical Thinking Ability, and Writing Argument EssayÂReferences
Armariena, D. N. (2015). Pengaruh Strategi Herringbone dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 45 Palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Armariena, D. N. (2017). Penulisan Narasi Mahasiswa dengan Metode Copy teh Master dalam Menghidupkan Kartakter, Perilaku dan Konflik Tokoh. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 9, 10-19. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
D’Angelo, F. J. (1980). Process and Thought in Composition. Cambridge: Winthrop Publisher Inc.
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Sevilla, C. G., Ochave J. A., Punsalan T. G., Regala B. P., dan Uriarte G. G. (1993). Pengantar Metode Penelitian. (Alimuddin Tuwu, Trans.). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Suparno dan Yunus M. (2009) Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tugwell, H. (2008). Differential EL Strategies: How to Differentiate for Language Proficiency to Teach Core Content to All English Learners. Oakland: Oakland Unified School District