PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI

Authors

  • Ermawati Ermawati Guru SMP Negeri 36 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2379

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas VII.D di SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.D SMP Negeri 36 Palembang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis metode pembelajaran Demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,75% ), Siklus 1 (62,50%), dan siklus 2 (87,50%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Demonstrasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Kata Kunci: Hasil Belajar,IPA, Demonstrasi

 

IMPROVEMENT OF IPA LEARNING OUTCOMES THROUGHDEMONSTRATION LEARNING METHODSAbstract

 

               The purpose of this action research is to improve the learning outcomes of science through a demonstration method in class VII.D students in Palembang Public Middle School 36. This study used classroom action research in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, observation, reflection. The target of this study was students of class VII.D SMP Negeri 36 Palembang. The data obtained are quantitative and qualitative data. From the results of the analysis of the Demonstration learning method has a positive impact in improving student learning outcomes which is characterized by an increase in mastery learning in each cycle, namely pre cycle (43.75%), Cycle 1 (62.50%), and cycle 2 ( 87.50%) The conclusion of this study is that the demonstration learning method can improve student learning outcomes as indicated by the average answers of the students stating that students are interested and interested in Demonstration learning methods so that they become motivated to learn.

 

Keywords: Learning Outcomes, Science, Demonstrations

References

Depdiknas. 2006. Permendinas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Muhibbin Syah, (2000:22). Pengertian Metode Demonstrasi. [online]. Tersedia: http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-bel ajar.html.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-01-28