PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2380Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2015/2016 setelah diterapkannya Model Pembelajaran Group Investigation sehingga pembelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas siswa. Rumuskan permasalahnnya yaitu sebagai berikut: Apakah dengan diterapkannya Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 39 siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra siklus (51,28%) siklus I (66,67%), siklus II (87,18%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
Â
Kata Kunci: PKn, Group Investigation
Â
APPLICATION OF TYPE GROUP INVESTIGATION (GI) COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE PKN LEARNING OUTCOMESÂ ABSTRACTThis study aims to determine the improvement in learning outcomes of Class X IPA 5 Palembang State Senior High School 19 academic year 2015/2016 after the implementation of the Group Investigation Learning Model so that Civics Learning becomes more enjoyable and raises student creativity. Formulate the problem as follows: Is the implementation of the Group Investigation Learning Model can improve the learning outcomes of Civics Class X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang 2015/2016 Academic Year ?. This study uses two research actions (action research). Each round consists of four stages, namely: design, activities and observation, reflection, and refinement. The target of this study was the tenth grade students of IPA 5 in SMA Negeri 19 Palembang in the 2015/2016 academic year totaling 39 students. From the results of the analysis found that student learning outcomes have increased from Pre cycle (51.28%) cycle I (66.67%), cycle II (87.18%). The conclusions of this study is that the Group Investigation learning model can have a positive effect on the learning outcomes of Class X IPA 5 students of SMA Negeri 19 Palembang, and this learning model can be used as an alternative learning for Civics.
Â
Keywords: Civics, Group InvestigationReferences
Aris, Shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyanti, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Menggunakan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan MotIasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.