IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIRS-CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2416Abstract
Abstrak
Hasil pengamatan penulis sebagian guru di kelas V.a SD Negeri 162 Palembang bahwa Hasil Belajar IPA Materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda peserta didik  SD Negeri 162 Palembang masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Untuk itulah saya selaku guru kelas harus membimbing siswa agar memahami pembelajaran tersebut dapat dikuasai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April semester genap 2017/2018. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V.a SD Negeri 162 Palembang dengan jumlah 23 peserta didik, pada pokok bahasan menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari hari. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif strategi pembelajaran Pairs-Checks memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar belajar peserta didik kelas V.a SDN 162 Palembang  yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA Materi Pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda peserta didik kelas V.a SD Negeri 162 Palembang dalam setiap siklus, yaitu pra siklus 52,17%, siklus I sebesar 65,22% dan siklus II 86,96%..
Kata Kunci: IPA, Pairs-Checks, Perubahan Wujud BendaÂ
Â
IMPLEMENTATION OF PAIRS-CHECKS LEARNING MODELS TO IMPROVE MATERIAL LEARNING OUTCOMES OF MATERIAL CHANGESAbstractÂ
              The observations of the authors of some teachers in the Va. 162 Palembang Elementary School class that Science Learning Outcomes The material of heat influence on changes in the temperature and shape of objects of 162 Palembang elementary school students is still below the minimum completeness criterion (65). class must guide students to understand the learning can be mastered. This research was conducted from February to April even semester 2017/2018. The subjects of the study were class V.a students of 162 Palembang State Elementary School with a total of 23 students, on the subject of analyzing the effect of heat on changes in temperature and the appearance of objects in daily life. From the results of the learning activities that have been carried out for two cycles, and based on all the discussions and analyzes that have been carried out it can be concluded that cooperative learning Pairs-Checks learning strategies have a positive impact on improving learning outcomes of class Va SDN 162 Palembang students characterized by increased completeness Science learning outcomes Material Effect of heat on changes in the temperature and shape of objects in class Va 162 Elementary School Palembang Palembang in each cycle, namely pre cycle 52.17%, cycle I was 65.22% and cycle II was 86.96%..
Â
Keywords: Science, Pairs-Checks, Changes in the Shape of ObjectsReferences
Arikunto,S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Hisyam Zaini, 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insane Madani.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Iskandar. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Maulana.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Spencer. Kagan. .1990. Strategi Pairs – Checks.
http://educationstudentsmart.blogspot.com/2012/03/model-pembelajaran-pair-check.html) diakses 24 Maret 2018
Sri Sulistyorini, 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP, Yogyakarta: Media Group.
Suyitno. 2002. Petunjuk Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Semarang.
Trianto. 2003. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group