PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 9 PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2417Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode inkuiri terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 payakumbuh ditinjau dari kelengkapan unsur-unsur berita, EYD, dan kalimat efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 9 payakumbuh.Secara umum nilai rata-rata pretest 71,5dan nilai rata-rata posttest 80,3. Pada kelengkapan unsur berita nilai rata-rata pretest 96,59 dan nilai rata-rata posttest 100, pada EYD nilai rata-rata pretest 51,14 dan nilai rata-rata posttest 68,18 dan pada kalimat efektif nilai rata-rata pretest 67,05 dan nilai rata-rata posttest 72,73.Hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam pembelajaran menulis berita adalah Thitung = 5,83 sedangkan T(α: n-1) = 2,080 pada tingkat kepercayaan 95% berati Thitung > T(α: n-1) maka H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 9 payakumbuh.
Kata Kunci: keterampilan menulis, berita, metode inkuiri
Â
INFLUENCE OF INQUIRY METHOD TO THE NEWS WRITING SKILL
 OF CLASS VIII STUDENTS OF SMPN 9 PAYAKUMBUH Abstract         The purpose of this research is to describe the influence of inquiry method to the news writing skill of class VIII students of SMPN 9 Payakumbuh viewed from the completeness of news elements, EYD, and effective sentences. This type of research is quantitative research. The method used is experiment. The sample of this research is the students of class VIII.2 SMP Negeri 9 payakumbuh.Secara general pretest average value of 71.5 and the average posttest value of 80.3. At the completeness of the news item the pretest average value is 96.59 and the mean value of posttest 100, on the EYD the pretest average value is 51.14 and the mean posttest score of 68.18 and in the effective sentence the average value of pretest 67, 05 and the average posttest score of 72.73. The result of hypothesis test obtained in news writing writing is Thitung = 5.83 whereas T (α: n-1) = 2.080 at 95% level of trust means Thitung> T (α: n -1) then H1 is accepted. So, it can be concluded that the method of inquiry on the influence of writing skills news class VIII SMPN 9 payakumbuh.
Â
Keywords: writing skill, news, inquiry method
References
Abdurrahman dan Ratna, Ellya . 2003. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesiaâ€. Bahan Ajar. Padang: FBSS UNP.
Assegaff, H. Dja’far. 1991. Jurnalistik Masa Kini. Bandung: Balai Aksara.
Budyatna, Muhammad. 2007. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gulo, W. 2008.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
N. K, Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quatum Teaching.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Yurnaldi. 1992. Kiat Praktis Jurnalistik Untuk Siswa, Mahasiswa, dan Calon Wartawan. Padang: Angkasa Raya