PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK DAN MELENGKAPI PARAGRAF DALAM MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (SISWA KELAS XI SMA ADABIAH PADANG)

Authors

  • Redo Andi Marta Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2418

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tingkat kemampuan membaca siswa rendah. Salah satu diantaranya penerapan metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi. Metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru yakni metode ceramah yang masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya kemampuan membaca pemahaman dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 6 SMA Adabiah Padang yang berjumlah 45 orang. Data penelitian ini dengan pemberian tes objektif untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dan pemberian angket berupa respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang akan diisi oleh para siswa pada setiap akhir siklus. Berdasarkan deskripsi dan analisis data dapat disimpulkan kemampuan membaca pemahaman meliputi pertama menentukan ide pokok paragraf pada siklus 1 berada kualifikasi baik menjadi meningkat kualifikasi baik sekali pada siklus 2 dan kedua, melengkapi paragraf pada siklus 1 berada kualifikasi cukup menjadi meningkat baik pada siklus 2. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) membawa pengaruh yang sangat besar dalam menerapkan materi membaca pemahaman khususnya menentukan ide pokok dan melengkapi paragraf.

Kata Kunci: Ide pokok, melengkapi paragraf, membaca pemahaman, dan Student Teams Achievement Division (STAD)

 

 

 

 

 

MPROVEMENT OF ABILITY TO DETERMINE THE IDEA IDEAS AND COMPLETE PARAGRAPHS IN READING UNDERSTANDING USING THE TYPE OF COOPERATIVE LEARNING METHODS

OF ACHIEVEMENT TEAM STUDENTS

(CLASS XI SMA ADABIAH PADANG)

 

Abstract

               This research is motivated because the level of students' reading ability is low. One of them the application of teaching methods used by teachers has not varied. Teaching methods that are often applied by the teacher is a lecture method that is still centered on the teacher. Therefore, researchers provide solutions to improve students' reading ability, especially reading comprehension with cooperative learning method of Student Teams Achievement Division (STAD) type XI SMA Adabiah Padang. This type of research is a classroom action research with the subjects of students of class XI IPS 6 SMA Adabiah Padang, amounting to 45 people. The date of this study with the provision of objective tests to measure the improvement of students' reading comprehension and questionnaire in the form of responses or responses of students to the learning that will be filled by the students at each end of the cycle. Based on the description and analysis of the data can be concluded the ability of reading comprehension includes first determine the main idea of paragraphs in cycle 1 is well qualified to be improved qualifications both in cycle 2 and second, completing the paragraph in cycle 1 is qualified enough to be improved both in cycle 2. Thus, the use of cooperative learning method of Student Teams Achievement Division (STAD) has great influence in applying comprehension comprehension material especially to determine the main idea and complete the paragraph.

 

Keywords: Key ideas, complete paragraphs, reading comprehension, and Student Teams Achievement Division (STAD)

References

Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Oka, I Gusti Ngurah. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Razak, Abdul. 2001. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Autografika.

Soedarso. 1988. Sistem Membaca Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Tampubolon, DP. 1991. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendri Guntur. 1983. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendri Guntur. 1986. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorienrasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Whardani, Igak dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-01-28