PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Authors

  • Tri Izma Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Vira Yolanda Kesuma Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini menemukan peran Pendidikan kewarganegaraan dalam membimbing setiap warga negara dalam menjalankan hidupnya. Hal ini menunjukan bahwa adanya Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter pribadi generasi muda. Pembelajaran kita selama ini berjalan dengan verbalistik dan berorientasi semata-mata kepada penguasaan isi dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Pengamatan terhadap praktek pembelajaran sehari-hari menunjukkan bahwa pembelajaran difokuskan agar siswa menguasai informasi yang terkandung dalam materi pelajaran dan kemudian dievaluasi seberapa jauh penguasaan itu dicapai oleh siswa. Seakan-akan pembelajaran bertujuan untuk menguasai isi dari mata pelajaran tersebut. Bagaimana keterkaitan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari dan bagaimana materi tersebut dapat digunakan untuk memecahkan problema kehidupan, kurang mendapat perhatian. Pembelajaran seakan terlepas dari kehidupan sehari-hari, oleh karena itu siswa tidak mengetahui manfaat apa yang dipelajari, seringkali tidak tahu bagaimana menggunakan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan siswa. Pendidikan Kewarganegaraan diberikan kepada peserta didik supaya dapat menjadikan mereka warga Negara yang baik. Bagaimanakah pendidikan kewarganegaraan berperan dalam pembangunan dan pengembangan karakter dalam diri generasi muda, tentu dapat terjawab jika kontribusi yang diberikan pendidikan kewarganegaraan berhasil mengarahkan generasi muda saat ini untuk berpartisipasi mengusung karakter bangsa. Dalam hal ini pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu alat pasif untuk membangun dan memajukan sistem demokrasi suatu bangsa.

Kata kunci : Nilai-nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan

 

                                                                                                                            

“THE ROLE OF CITIZENSHIP EDUCATION IN BUILDING NATIONAL CHARACTERâ€

 

ABSTRACT

The aim of this research finds role of citizenship education in guiding for every citizen in carrying out his life. This shows that the existence of Citizenship Education has an important role in shaping the personal character of the younger generation. Our learning so far has been verbalistic and has been oriented solely to mastering the contents of citizenship education subjects. Observation of the practice of daily learning shows that learning is focused so that students master the information contained in the subject matter and then evaluated how far the mastery is achieved by students. As if learning aims to master the contents of these subjects. How is the link between teaching material and everyday life and how can the material be used to solve life's problems, get less attention. Learning seems to be detached from everyday life, therefore students do not know the benefits of what is learned, often do not know how to use what has been learned in the lives of students. Citizenship Education is given to students so that they can make them good citizens. How does civic education play a role in the development and development of character in the younger generation, of course it can be answered if the contribution given by citizenship education successfully directs the young generation today to participate in carrying the nation's character. In this case citizenship education is a passive tool for building and advancing a nation's democratic system.

Keyword : Values and Citizenship education

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Cresswell, John W. (2010). Edisi Ketiga Reseacrch Design Pendekatan Kualitatifikualitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kaelan. 1999. Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan. 2007. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kaelan, 2010. “Pendidikan Kewarganegaraanâ€. Yogyakarta: Paradigma

Moleong, L.J. (2004). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noeng, Muhadjir. 1996. Metode Penelitian Kualitatif Edisi III. Yogyakarta:Rake Sarasin.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif (PendekatanKuantitatif Kualitatif.R & D). Bandung: Alfabeta

Winarno.2007. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Surakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-01-28