KONSEP PENARI DAN DESAIN RUANG PADA TARI MERENUNGKU ADALAH GERAK

Authors

  • Rully Rochayati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2421

Abstract

Abstract— The writing is titled Concept of Dancers and Spatial Design on Dancing My Dream Is Motion. A writing that contains about the study of a work of dance that is discussed from the perspective of the study of the concept of dancers and spatial design. the whole work of dance is discussed in the concept of dancers by dividing the subject among other aspects of the number of dancers, sex and posture aspects, aspects of the unity of the composition of the group again termed the facet of the direction of the dancer, the "distance-between" key dancer ". In the design space can be understood from the symmetry of asymmetry, line design, floor design, top design, three-dimensional design and stage space. The results of the study of the concept of dancers and spatial design in dance Reflect on me Is Movement as a whole the form of this work can be studied through the theory and can be fully explained. In understanding the two concepts can be separated to then assembled intact in understanding it. This means that when reviewing the concept of dancers and spatial designs can be separated according to the sub-focus then in order to be fully understood then the parts of the study are put together so that they can easily understand the dance work

 

Keywords— The concept of dancer, Space Design, My Reflection Is Motion 

Abstrak— Penulisan ini berjudul Konsep Penari dan Desain Ruang pada Tari Merenungku Adalah Gerak. Sebuah penulisan yang berisi tentang kajian sebuah karya tari yang dibahas dari sudut pandang kajian konsep penari dan desain ruang.  secara utuh karya tari ini dibahas dalam konsep penari dengan membagi pokok bahasan antara lain aspek jumlah penari, aspek jenis kelamin dan postur tubuh, aspek wujud kesatuan komposisi kelompok yang dipilahkan lagi menjadi aspek arah hadap penari, aspek “jarak-antaraâ€, dan aspek “penari kunciâ€. Pada desain ruang dapat dipahami dari simetri asimetri, desain garis, desain lantai, desain atas, desain tiga dimensi dan ruang pentas. Hasil kajian dari konsep penari dan desain ruang pada tari Merenungku Adalah Gerak  secara keseluruhan bentuk karya ini dapat dikaji melalui teori tersebut dan dapat terjelaskan secara utuh. Dalam memahami kedua konsep tersebut dapat secara terpisah untuk kemudian dirangkai secara utuh dalam memahaminya.  Artinya bahwa pada saat mengkaji konsep penari  dan desain ruang dapat secara terpisah-pisah sesuai dengan sub fokusnya kemudian supaya dapat terpahami secara utuh maka bagian-bagian kajian tersebut disatukan sehingga dapat dengan mudah memahami karya tari tersebut.

Kata Kunci— Konsep penari, Desain Ruang, Merenungku Adalah Gerak 

References

Hadi, Y.Sumandiyo. 1996. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Manthili.

Hadi, Y.Sumandiyo, 2016, Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media

Hawkins. Alma M. 2003. Moving From Within: A New Method for Dance Making.

Maryono, 2012. Analisa Tari, Surakarta: ISI Press Solo

Martono, Hendro. 2012. Ruang Pertunjukan dan Berkesenian. Yogyakarta: Multi Grafindo

Maryono. 2012. Koreografi Lingkungan: Revitalisasi Gaya Pemanggungan dan Gaya Penciptaan Seniman Nusantara

Rochayati. Rully. 2013. Moving From Within Alma M.Hawkins Kajian Proses Penciptaan Tari. Prosiding. Telah diseminarkan pada Seminar Pendidikan Nasional, Palembang: Universitas PGRI

Rochayati. Rully, 2017. Seni Tari Antara Ruang dan Waktu dalam Jurnal Sitakara: Jurnal Pendidikan Seni dan Seni. Palembang: Universitas PGRI

Smith, Jacqueline. 1985. Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru, Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti

Widyastutieningrum. Sri Rochana, et.al. 2014. Pengantar Koreografi. Surakarta: ISI Press Solo

Downloads

Published

2019-01-28