PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IX.1 SMP NEGERI 11 PALEMBANG MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK

Authors

  • Hiralian Hiralian

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2422

Abstract

Abstrak

Minat belajar dapat timbul dari keinginan seseorang dalam memenuhi rasa ingin tahu seseorang terhadap kegiatan tersebut Minat belajar akan membantu siswa dalam menguasai pelajarannya. Dengan demikian menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga pendidikan untuk menyediakan lingkungan yang dapat dipercayai bagi anak-anak dan remaja guna merangsang minat belajar. Rumusan masalah yang diajukan adalah “apakah minat belajar siswa kelas IX.1 SMP Negeri 11 Palembang dapat meningkat dengan layanan bimbingan dan konseling kelompok?†Sedangkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut (a) untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 11 Palembang kelas IX.1 melalui layanan bimbingan dan konseling kelompok. (b) untuk meningkatkan nilai ulangan harian siswa kelas IX.1  SMP Negeri 11 Palembang melalui layanan bimbingan dan konseling kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX.1 berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data  menggunakan lembar observasi. Dari hasil analis didapatkan bahwa minat belajar belajar  Bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (62,92%) dan siklus II (80.85%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan dan konseling kelompok terhadap minat belajar belajar siswa.

 

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Kelompok, minat belajar

 

IMPROVING CLASSIC LANGUAGE LEARNING INTEREST IN CLASS IX.1 SMP 11 STATE 11 PALEMBANG THROUGH GROUP GUIDANCE AND CONSELING SERVICES

 

Abstract

Learning interest can arise from someone's desire to fulfill one's curiosity about the activity Learning interest will help students in mastering the lesson. Thus it is the responsibility of educational institutions to provide an environment that can be trusted for children and adolescents to stimulate interest in learning. The formulation of the problem proposed was "whether the interest in learning for students of class IX.1 of SMP Negeri 11 Palembang can be increased by group guidance and counseling services?" While the objectives to be achieved in this study are as follows (a) to increase the learning interest of students of SMP Negeri 11 Palembang class IX.1 through group guidance and counseling services. (b) to increase the daily test score of class IX.1 of SMP Negeri 11 Palembang through group guidance and counseling services. This research was conducted in class IX.1 totaling 40 students. Data collection uses observation sheets. From the results of the analysis it was found that students' interest in learning English had increased from cycle I to cycle II, namely, cycle I (62.92%) and cycle II (80.85%). Based on the results of the study showed that there was an influence of group counseling and guidance services on the interest in student learning.

 

Keywords: Guidance and Group Counseling, interest in learning

References

Damayanti Nidya. 2011. Buku Pintar Panduang Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Araska.

Hikmawati Fenti. 2010. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan & Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2019-01-28