PENGARUH STRATEGI JUMPUT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Authors

  • Hetilaniar Hetilaniar UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2499

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi jumput terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttes-Only Control Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas strategi jumput dalam kemampuan membaca puisi puisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Sampel penelitian ini adalah 37 siswa kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan IIS 2 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh strategi jumput terhadap kemampuan membaca puisi siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang.  Hasil tes menunjukkan bahwa nilai t diperoleh lebih besar dari t Tabel (4,91 lebih besar dari 1,75).

References

Alex dan Achmad (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencan.

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Faturrahman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakatra: Ar-Ruzz Media.

Gani, Ramlan dan Muhammad Fitriyah Z A. (2011). Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hetilaniar dan Achmad Wahidy. (2017). Strategi Jumput Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V MIN Se-Kota Palembang. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 17, hal: 82-91. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Kosasih, E. 2014. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Pradopo, Racmat Djoko. (2017). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press.

Prendergast, Monica et al. 2009. Poetic Inquiry Vibrant Voices in the Social Sciences. USA: Sense Publishers.

Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Reksoatmodjo, Tedjo N. 2009. Statistika Eksperimen Rekayasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Wahab, Abdul. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonrtasi di Kelas III MI Nurul Huda Sawangan Depok Tahun Pelajaran 2013-2014.

Downloads

Published

2019-05-28